PDP Asal KSB yang Meninggal 5 April dan 2 PDP Lainnya di RSMA Sumbawa Negatif Covid-19

KabarNTB, Sumbawa Barat – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengumumkan perihal status negatif corona virus desease (Covid-19) atas Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berinisial IA, 16 Tahun, warga Lingkungan Tiangnam, Kelurahan Kuang, Kota Taliwang yang meninggal dunia Ahad dinihari 5 April 2020 lalu di Rumah Saki Manambai Abdul Kadir (RSMA) Sumbawa.

Juru bicara gugus tugas penangangan Covid-19 KSB, H Tuwuh menyatakan kepastian negatif covid19 itu diketahui dari tembusan surat pemberitahuan Kepala Dinas Kesehatan NTB tertanggal 9 April 2020, yang diterima gugus tugas Jum’at pagi 10 April 2020.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 KSB, H Tuwuh

“Benar, kami sudah menerima tembusan surat dari Kadikes Provinsi NTB tentang pemberitahuan bahwa IA, pasien PDP asal Taliwang yang meninggal 5 April lalu, negatif Covid-19,” ungkap Haji Tuwuh, kepada KabarNTB, Jum’at siang.

Dengan terbitnya surat pemberitahuan berdasarkan hasil uji sampel swab yang menyatakan negatif dimaksud, Haji Tuwuh menegaskan bahwa sampai saat ini KSB masih zero (nol) kasus positif Covid-19.

“Kami harapkan dengan kepastian ini masyarakat KSB menjadi lebih tenang, sembari tetap waspada, tetap menggunakan masker, tetap menjaga jarak, budayakan cuci tangan, mengurangi aktifitas di luar rumah dan hindari keramaian untuk memutus mata rantai penyebaran corona virus,” imbau Haji Tuwuh.

Dengan hasil uji swab negatif tersebut, sambungnya, Gugus Tugas penanganan Covisd-19 KSB memutuskan untuk memulangkan 8 orang yang memiliki riwayat kontak langsung dengan IA sebelum meninggal dunia. Ke-8 orang dimaksud saat ini sedang diisolasi di Rusunawa Belisung, Batu Ble, Kelurahan Menala sejak 5 April lalu.

“Sore ini mereka akan dipulangkan. Hanya ayah dari IA yang akan diisolasi mandiri di rumahnya karena memiliki riwayat perjalanan ke daerah terjangkit (Lombok Timur), imbuh Haji Tuwuh.

Sementara itu, dalam surat pemberitahuan hasil uji laboratorium yang dikirim Kadikes NTB kepada Direktur RSUD Manambai Abdulkadir (RSMA) Sumbawa itu, juga disebutkan hasila uji laboratorium dua pasien PDP lainnya yang dirawat di rumah sakit dimaskud. Kedua pasien dimaksud masing-masing berinisial AA, laki-laki dengan hasil negatif covid-19 dan TS, laki-laki juga dengan hasil negatif covid-19.

Seperti diberitakan, IA, laki-laki, 16 tahun yang tercatat sebagai siswa SDN 10 Taliwang, meninggal dunia saat menjalani perawatan di ruang isolasi RSMA Sumbawa pada 5 April lalu. Karena berstatus PDP perlakuan dan penguburan terhadap jenazah IA menggunakan protokol penanganan jenazah Covid-19 sesuai standar WHO. IA dimakamkan di Taliwang.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.