Pelaku Penipuan Lewat Facebook Ditangkap Polda NTB

KabarNTB, Mataram – Ditkrimsus Polda NTB melalui Subdit V Siber telah menangkap tersangka penipuan melalui media sosial Facebook pada Selasa 14 April 2020.

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto S.IK menjelaskan, tersangka pelaku atas nama IB Griantara Yoga (25 tahun), Warga Kelurahan Cakranegara Utara Kota Mataram, membuat akun facebook “@Idadir Putu Buana” dengan profil foto pelapor IB Putu Buana dengan maksud agar orang percaya kalau akun tersebut adalah milik pelapor.

“Dengan menggunakan akun facebook tersebut pelaku melakukan penipuan dengan cara mengirimkan pesan melalui inbok kepada teman-teman pelapor dengan berpura-pura meminjam uang sebesar Rp. 1.000.000 dengan alasan untuk keperluan keluarga. Pelaku meminta kepada korban untuk mentrasfer uang ke Rekening BRI 00521111123504 atas nama pelaku sendiri IB Griantara,” jelas Kabid Humas.

Pelaku penipuan lewat Facebok (duduk) setelah berhasil ditangkap Tim Ditreskrimum Polda NTB

Pelaku juga membuat 2 akun facebook dengan mengatasnamakan I GEDE SUDIARTA dengan nama facebook @I Gede Sudiarta dan I GUSTI BAGUS ARI SUDANA PUTRA dengan nama akun @Gus Ari Lombok.

“Pelaku sengaja membuat akun facebook yang mengatasnamakan pelapor untuk melakukan penipuan kepada teman-teman pelapor. Yang pernah mengirimkan/mentransfer uang kepada pelaku sebanyak 2 orang yakni pemilik akun facebook @Gode sebesar Rp. 700.000 dan akun facebook @Gus Aida sebesar Rp. 1.000.000, uang yang diperoleh pelaku tersebut digunakan untuk judi sabung ayam online,” jelas Kabid Humas.

Pelaku di rumahnya Kelurahan Cakranegara Utara Kota Mataram, beserta barang bukti berupa bukti transfer dari korban atas nama IDA MADE ANTARA ke rekening BRI atas nama pelaku sendiri IB Griantara, serta Akun facebook dengan nama @Ida Bagus Putu Buana.

Atas perbuatannya, pelaku terancam dikanakan pasal 35 Jo Pasal 51 ayat (1) UU RI No.19 Tahun 2016 perubahan atas UU RI No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dengan anacaman pidana penjara paling lama 12 tahun penjara dan denda paling banyak Rp. 12.000.000.000.(NK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.