Pilkada Ditunda, KPU Sumbawa Fokus di Upaya Pencegahan Covid-19

KabarNTB, Sumbawa – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Sumbawa turut ambil bagian dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Pasca terbitnya Keputusan KPU RI Nomor 179/PL.02-kpt/01/KPU/III/2020 tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/ Atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, KPU Kabupaten Sumbawa merubah focus dan konten / materi sosialisasi.

“Lebih kepada mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat dengan melakukan sosialisasi dan edukasi dalam upaya mencegah, meminimalisir penyebaran serta mengurangi resiko infeksi COVID-19,” jelas Ketua KPU Sumbawa, M Wildan.

Kegiatan pembagian masker kepada pengendara oleh KPU Sumbawa

Kampanye pencegahan Covid-19 dengan materi social distancing, wajib menggunakan masker serta cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer disebarluaskan melalui media sosial milik KPU Kabupaten Sumbawa. “Apa yang kami lakukan ini dibarengi dengan harapan agar masyarakat lebih peka dan peduli dengan wabah ini,” imbuh Wildan.

Jajaran KPU Kabupaten Sumbawa sendiri, sejak mewabahnya Covid-19, telah diwajibkan untuk menerapkan protokol pencegahan dengan social distancing, wajib menggunakan masker serta cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, serta pelaksanaan tugas-tugas dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat dilakukan dengan sistem kerja shift (Piket).

Kepedulian KPU Kabupaten Sumbawa juga ditunjukkan dengan melakukan bakti sosial membagikan masker kepada masyarakat, khususnya para pengendara motor dan mobil yang melintas di Kawasan Jalan Garuda (Depan Kantor KPU Sumbawa), dan Perempatan Jembatan Kerangka Baja. Pembagian Masker ini dilakukan, karena melihat masih banyak pengendara yang belum sadar pentingnya penggunaan alat pelindung hidung dan mulut tersebut, pembagian masker juga sebagai kampanye “Ayo pakai masker dan Ini Masker ku, Mana Masker mu” yang digelorakan KPU RI.

Tidak hanya itu, KPU Kabupaten Sumbawa juga memberikan bantuan logistik berupa suplemen, hand soap dan air mineral kepada Posko Kesehatan, serta stakholder yang berperan secara langsung dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Covid-19 dan beresiko tinggi mengalami penularan seperti relawan dan para jurnalis yang tetap bekerja memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.