Rumah Zakat Bantu Kebutuhan Dasar Dua ODP di Uma Beringin

KabarNTB, Sumbawa – Rumah Zakat menyalurkan bantuan dana untuk keperluan dasar sehari-hari selama isolasi kepada ODP (Orang Dalam Pengawasan) di Desa Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes Kabupaten Sumbawa.

Bantuan tersebut diserahkan relawan Rumah Zakat didampingi ketua Karang Taruna dan ketua RT setempat, pada Kamis 9 April 2020. ODP yang dibantu berinisial D dan A adalah karyawati disalah satu perusahaan obat di Sumbawa. Keduanya berasal dari Lombok Timur dan menyewa kos di Desa Uma Beringin. Mereka harus menjalani isolasi dikarenakan baru datang dari daerah lain dengan status zona merah yaitu Lombok Timur.

Dua ODP di Desa Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes Sumbawa mendapat bantuan untuk pemenuhan kebutuhan harian dari Rumah Zakat

Keduanya merantau ke Sumbawa dan hanya mengandalkan pendapatan harian dari menjual obat. Kondisi itu membuat mereka kesulitan selama dalam isolasi. “Ditambah lagi tidak ada keluarga satupun di perantauan. Sehingga membuatnya kesulitan untuk sekedar memenuhi kebutuhan dasar makan dan minum,” jelas Koordinator Rumah Zakat Sumbawa, Repi S.

Hari pertama dan kedua sepulang dari Lombok Timur, D dan A masih keluar bebas seperti biasa. Namun tetangga kos yang peduli melapor ke RT dan Pemdes setempat. Akhirnya A dan A didatangi oleh Babinsa, Polmas, Pemdes dan Relawan Inspirasi RZ Desa Uma Beringin untuk diedukasi terkait isolasi 14 hari.

Setelah diedukasi, D dan A bersedia untuk isolasi mandiri sampai tuntas dan dibantu Rumah Zakat dalam hal kebutuhan dasar hariannya selama isolasi. “Semoga kita senantiasa bisa menjaga kesehatan dan menjalankan himbauan pemerintah, ulama dan semoga wabah corona cepat berlalu,” demikian Repi.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.