JPS Gemilang Tahap II Libatkan UKM Lokal di Kabupaten/Kota

KabarNTB, Sumbawa – Program Jaringan pengaman sosial (JPS) Gemilang tahap ke- II yang digelontorkan Pemprov NTB untuk mengurangi dampak yang dialami masyarakat akibat wabah Covid-19 akan mengoptimalkan kerjasama dengan UKM yang ada diseluruh kabupaten/kota.

Gubernur NTB, Zulkiflimansyah, menjelaskan untuk JPS tahap ke dua ini, pemerintah tetap memberikan bantuan berupa sembako dan supplemen berupa beras, minyak kelapa, ikan kering, ikan asin, abon ikan dan lain sebagainya.

“Dan kalau bisa semua item ini berasal dari pengusaha-pengusaha dan UKM-UKM lokal kita agar kegiatan ekonomi bergerak. Nah rencana nya kami akan berkordinasi dengan masing-masing kabupaten/kota,” jelas Gubernur, Senin 11 Mei 2020.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah

“Di kabupaten Sumbawa yang akan banyak berperan dan bekerjasama nanti sudah tentu Pemda Sumbawa. Jadi beras dikumpulkan di Sumbawa dengan Dinas Pangan Sumbawa, yang mengadakan minyak kelapa ya dinas perindustrian Kabupaten Sumbawa, yang mengadakan abon ikan, ikan asin dan ikan kering ya dinas kekautan dan perikanan dan seterusnya, begitu juga produk-produk lokal lain yang dirasakan bisa membantu UKM-UKM di daerah masing- masing. Demikian juga masker, juga dikoordinir oleh dinas kabupaten kota dengan bekerjasama dengan dinas Pemprov NTB,” beber Gubernur.

Gubermur Zul mengakui, JPS yang pertama agak gaduh, dan itu wajar karna baru pertama kali dimulai. Akan tetapi sangat terasa UKM jadi bergerak dan terbantukan. Namun kekurangan dan kelemahan akan diperbaiki,

Rencananya, JPS kedua akan gelontorkan pada akhir Mei atau awal Juni, itu dilakukan agar persiapan lebih matang. “Maklum melibatkan UKM- UKM kita kan gampang-gampang sulit juga,” jelas Gubernur.

Ia berharap, kalau JPS provinsi, JPS Kabupaten dan JPS Desa bisa menolong UKM dan Produk-produk lokal, maka ekonomi masyarakat akan menggeliat, UKM-UKM akan hidup.

“Wajar awal ini produknya masih banyak kekurangannya, kualitasnya, harga dan sebagainya. Mudah-mudahan dengan pemda yang membeli produk UKM tentu dengan memperbaiki kualitas produknya, maka kedepan kita akan memiliki UKM yang sudah punya kemampuan relatif baik,” demikian Gubernur.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.