Karang Dima, Pertama di Sumbawa Salurkan BLT dari Dana Desa

KabarNTB, Sumbawa – Desa Karang Dima, Kecamatan Labuhan Badas menjadi desa pertama di Kabupaten Sumbawa yang menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) tahun 2020. Proses penyaluran ke masyarakat penerima manfaat dijadwalkan, Rabu 13 Mei 2020 di kantor Desa setempat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbawa, melalui Kasi Pengelolaan Keuangan Desa, Ibrahim menjelaskan, Desa Karang Dima adalah Desa yang agak terlambat menyampaikan APBDesnya, sehingga penyaluran Dana Desa tahap I dilakukan pada Bulan Maret lalu. Untuk itu, berdasarkan surat dari KPPN bahwa penyaluran Dana Desa tahap I yang disampaikan Desa Karang Dima murni digunakan untuk penyaluran BLT DD.

ilustrasi

“Keterlambatan (Menyampaikan APBDes) ini memberi ruang yang cukup bagi Desa Karang Dima untuk menjadi contoh bagi desa yang lain, kalau Desa Karang Dima sudah melakukan action terhadap pemberian BLT DD,’’ ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan, semua proses penyaluran itu melalui proses mekanisme yang sudah ditentukan, yakni diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 40 tentang penggunaan dana desa. Dimana salah satu isinya mengatur tentang pertanggungjawaban penggunaan Dana Desa untuk penyaluran BLT.

“Disana ada format dana desa, karena dana desa tahap I ini setelah disampaikan untuk BLT kepada masyarakat miskin, maka bukti pertanggungjawabannya nanti berupa daftar tanda terima yang sesuai dengan format yang diberikan oleh PMK 40, itu harus disampaikan kembali sebagai bentuk pertanggungjawaban bulan pertama oleh Desa Karang Dima kepada Kementerian Keuangan melalui KPPN,” terang Ibrahim.

“Begitu juga penyaluran di bulan berikutnya. Hal yang sama juga disalurkan bulan kedua, maka ada format pertanggungjawaban yang disampaikan Desa Karang Dima untuk dasar kemudian sebagai syarat penyaluran tahap II dana desa di Desa Karang Dima,’’ demikian Ibrahim.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.