KNPI KSB Desak Pemda Tegas Terkait Larangan Mudik untuk ASN

KabarNTB, Sumbawa Barat – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumbawa Barat, mendesak Pemerintah Daerah setempat untuk bersikap tegas terkait larangan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai BUMN/BUMD untuk mudik lebaran.

Ketua KNPI KSB, Trisman ST, mengatakan Surat Edaran (SE) tentang larangan mudik bagi ASN dan sejumlah SE lainnya terkait protokol pencegahan covid-19, merupakan upaya pemerintah untuk menjaga masyarakat dari kemungkinan tertular Corona.

Suasana posko pengecekan terhadap pelaku perjalanan di Posko pintu masuk wilyah di Poto Tano

“Demikian pula SE untuk ASN, pegawai BUMN, BUMD, bertujuan untuk menjaga keselamatan masyarakat demi kebaikan bersama. Menjelang Idul Fitri ini, tidak tertutup kemungkinan ada ASN dan pegawai lainnya yang nekat mudik. Karena itu KNPI meminta Pemda bersikap tegas dalam pelaksanaan surat edaran dimaksud,” ujar Trisman, Kamis petang 21 Mei 2020.

“Posko di Poto Tano yang menjadi pintu masuk utama wilayah KSB harus tegas. Kinerja yang baik selama ini dalam menjaga wilayah KSB harus mampu dipertahankan,” imbuhnya.

Trisman juga mengimbau seluruh ASN, pegawai BUMN maupun BUMD untuk mengedepankan kepentingan masyarakat lebih luas dengan mematuhi SE dimaksud. Apalagi sebagian besar wilayah di NTB saat ini sudah menjadi transmisi lokal penyebaran Covid-19.

“Jadi semua orang berpotensi tertular dan menularkan wabah ini ke orang lain, termasuk ASN dan pegawai lainnya yang berniat mudik lebaran. Ini yang mesti menjadi perhatian semua pihak,” imbuhnya.

Ia juga mengingatkan, para tenaga medis, TNI, Polri dan relawan telah bekerja keras, berjibaku melawan penyebaran covid-19. Jangan sampai kerja keras itu menjadi tidak berarti karena sikap ‘ngeyel’ oknum ASN dan pegawai lainnya.

“Ini penting diingat agar tidak ada gelombang kedua penyebaran covid-19 sebagai akibat dari akan bertambahnya PPTG dan OTG pasca arus balik nantinya,” demikian Trisman.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.