KSB 1 Mei : Tenaga Kesehatan Reaktif Bertambah 1, Kondisi Positif 02 Tanpa Keluhan

KabarNTB, Sumbawa Barat – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa Barat kembali melaksanakan pemeriksaan dengan metode rapid diagnostic test (RDT) terhadap puluhan orang tenaga kesehatan, pada Jum’at 1 Mei 2020 di RSUD Asy Syfa.

Dari 30 orang tenaga kesehatan yang menjalani rapid test tersebut, 1 orang hasilnya reaktif. “Dari 30 orang tenaga kesehatan, 29 orang hasilnya non reaktif, 1 orang reaktif. Dengan demikian sudah 3 orang tenaga kesehatan yang reaktif dari serangkaian rapid test yang telah dilaksanakan Gugus Tugas sampai hari ini (jum’at, red),” ujar Juru Bicara Gugus Tugas KSB, H Tuwuh kepada KabarNTB, Jum’at sore.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemda KSB, H Tuwuh

Selain tenaga kesehatan, pemeriksaan dengan RDT pada Jum’at, juga dilaksanakan terhadap 3 orang pelaku perjalanan tanpa gejala (PPTG) dengan hasil keseluruhan non reaktif dan 1 orang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga dengan hasil non reaktif.

“Untuk orang dengan hasil RDT reaktif selanjutnya akan diambil sampel swab untuk di uji di laboratorium,” imbuh Haji Tuwuh.

Sementara itu, positif Covid-19 02 KSB berinisial M, laki-laki 63 tahun, saat ini masih menjalani karantina di fasilitas karantina terpusat di Rusunawa Belisung Kelurahan Menala. Haji Tuwuh menegaskan, kondisi yang bersangkutan, saat ini dalam keadaan terus membaik dan tanpa keluhan apapun.

Haji Tuwuh menjelaskan, sejak diumumkan positif Covid-19 pada 24 April lalu oleh Gugus Tugas Provinsi NTB, positif 02 KSB yang merupakan kontak erat positif Covid-19 01 tersebut belum menjalani uji sampel swab untuk menentukan sudah sembuh atau belum.

“Alhamdulillah kondisinya baik, tanpa keluhan. Saat ini kita sedang menunggu jadwal dari RSUD Asy Syfa untuk pengambilan sampel swab terhadap yang bersangkutan. Kalau dilihat dari kondisinya saat ini sudah bisa diambil sampel swab,” jelasnya.

Di Rusunawa Belisung sendiri, sampai saat ini ada 5 orang yang dikarantina. Selain positif 02, ada 4 orang lain yakni satu orang kontak erat positif 02 dari Brang Ene, satu orang PPTG dari Jakarta asal Kecamatan Jereweh, satu orang PPTG dari Magetan Jawa Timur asal Kecamatan Poto Tano dan satu orang PPTG asal Kota Taliwang.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.