KSB 10 Mei : Penyebaran Covid-19 Berhasil Ditekan, Hasil Swab 11 Orang Seluruhnya Negatif

KabarNTB, Sumbawa Barat – Kabar gembira untuk masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat. Selain berhasil menekan angka penyebaran dengan jumlah kasus yang tetap stagnan (3 kasus positif) tanpa penambahan kasus positif baru sejak 3 Mei 2020 lalu, pada hari ini, Ahad sore 10 Mei 2020, Gugus Tugas KSB juga telah menerima hasil uji laboratorium sampel swab terhadap 11 orang dengan hasil seluruhnya negatif covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas KSB, H Tuwuh, kepada KabarNTB, Ahad malam, mengkonfirmasi perihal hasil negatif atas uji lab sampel swab 11 orang dimaksud. Ia menjelaskan, ke-11 orang yang diterima hasil uji swabnya itu adalah Positif 02 KSB atas nama M (63 tahun) untuk hasil test swab pertama dengan hasil negatif.

“Besok (senin,red) beliau akan diambil sampel swab kedua, karena untuk memastikan sembuh, mesti dua kali hasil swab negatif,” jelas H Tuwuh.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemda KSB, H Tuwuh

Selain itu, 4 orang yang sebelumnya menjalani isolasi (mandiri dan terpusat) sudah dua kali swab dengan hasil negatif. Mereka adalah PPTG dari Kecamatan Jereweh 1 orang, perawat (tenaga medis) dari RSUD Asy Syfa 1 orang, dari cluster Magetan asal Kecamatan Brang Rea 1 orang dan 1 orang warga Kelurahan Kuang yang merupakan kontak erat positif Covid-19 01 KSB (almarhum SY, 63 tahun warga Taliwang).

“Satu dari empat orang yang telah dua kali negatif uji swab ini menjalani isolasi di Rusunawa Belisung dan besok akan dipulangkan. Demikian pula tiga orang lainnya dinyatakan sembuh dan besok akan mengakhiri masa isolasi (mandiri),” timpal Haji Tuwuh.

Sementara 6 orang lain yang hasilnya telah diterima Gugus Tugas, sambung Haji Tuwuh, baru satu kali menjalani uji swab dengan hasil keseluruhan negatif. Mereka adalah 2 orang kontak erat positif 01 dan 02, 2 orang tenaga kesehatan yang bertugas di RSUD Asy Syfa dan 1 orang cluster Magetan asal kecamatan Brang Rea dan 1 orang PPTG dari Kecamatan Jereweh.

Kabar baik lainnya yang disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas KSB, adalah berakhirnya masa isolasi mandiri belasan orang kontak erat Positif Covid-19 01 KSB (Almarhum SY), termasuk keluarga dekatnya. Dari hasil pemeriksaan dengan metode rapid diagnostic test (RDT) dan uji swab (terhadap keluarga dekat Almarhum) tidak ada satupun yang hasilnya reaktif (hasil RDT) dan semua hasil swabnya negatif.

“Tadi Puskesmas Taliwang sudah menerbitkan surat tentang berakhirnya masa isolasi belasan kontak erat ini,” imbuh Haji Tuwuh sembari meminta masyarakat untuk tidak mengucilkan pasien yang telah dinyatakan sembuh dan kontak erat yang telah menyelesaikan masa isolasi.

Sementara itu, sampai dengan Ahad 10 Mei total sebanyak 5.684 orang PPTG yang telah diperiksa di KSB. Dari jumlah tersebut yang masih isolasi sebanyak 653 orang dan selesai isolasi sebanyak 5.031 orang. Untuk ODP total sebanyak 133 orang, 2 orang masih dalam pemantauan dan 131 orang sudah selesai pemantauan. Sedangkan OTG (orang tanpa gejala) sebanyak 118 orang, 19 orang masih dalam pemantauan dan 99 orang sudah selesai pemantauan.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.