KSB 20 Mei : 12 Kontak Erat Diswab, 55 Tenaga Kesehatan Dirapid Test 1 Reaktif

KabarNTB, Sumbawa Barat – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa Barat pada Rabu 20 Mei 2020, telah melaksanakan pengambilan sampel swab terhadap 12 orang kontak erat positif Covid-19 06 KSB.

Positif 06 KSB adalah Tn. S, laki-laki, usia 44 tahun, penduduk Desa Beru, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 nomor 350. Saat ini menjalani karantina di Kabupaten Sumbawa Barat dengan kondisi baik.

Tn. S diumumkan posotif covid-19 oleh Gugus Tugas NTB pada Selasa 19 Mei 2020 bersama dua orang tambahan positif lainnya. Mereka merupakan keluarga dekat posotof covid-19 04 KSB berinisial MA, laki-laki 15 tahun, warga Desa Beru Kecamatan Brang Rea yang merupakan salah satu cluster Magetan asal KSB.

Peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Sumbawa Barat per hari Rabu 20 Mei 2020 (Sumber : Gugus Tugas KSB)

“Pengambilan sampel swab dilaksanakan di RSUD Asy Syfa terhadap 12 orang kontak erat Tn . S,” jelas Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas KSB, Abdul Aziz, dalam pernyataan resmi Rabu sore.

Selain pengambilan sample swab, Gugus Tugas juga melaksanakan pemeriksaan dengan metode Rapid Diagnostik Test (RDT) terhadap tenaga kesehatan Puskesmas Taliwang dan pegawai Dinas Kesehatan di Puskesmas Taliwang.

“Dari sebanyak 39 orang tenaga kesehatan Puskesmas Taliwang dan pegawai dinas kesehatan yang bertugas di Puskesmas Taliwang yang di RDT, hasilnya 38 Non Reaktif dan 1 orang Reaktif,” imbuh Abdul Azis.

Pemeriksaan RDT juga dilaksanakan terhadap 16 orang tenaga kesehatan di Puskesmas Kecamatan Seteluk dengan hasil semuanya Non Reaktif.

Sementara itu, sampai dengan hari Rabu ini, jumlah Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) di KSB sebanyak 6.110 orang dengan rincian masih dalam Karantina Mandiri di rumah 478 orang dan selesai Karantina Mandiri di rumah 5.632 orang.

Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) 137 orang, Karantina Mandiri dirumah 22 orang dan 2 orang di Rumah Karantina Fasilitas Khusus, 113 orang telah selesai menjalani Karantina mandiri dirumahnya.

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 135 orang dengan rincian masih dalam pemantauan 2 orang dengan kondisi baik dan telah selesai pemantauan 133 orang. Sedangkan jumlah orang yang di karantina di Rumah Karantina Fasilitas Khusus sebanyak 7 orang dengan rincian: 5 orang Konfirmasi Covid-19 kondisi dalam keadaan baik dan 2 orang OTG dalam kondisi baik tanpa keluhan.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.