Lebaran di KSB, Sholat Idul Fitri Tetap Dilaksanakan Berjamaah di Lapangan

KabarNTB, Sumbawa Barat – Ummat Islam di Kabupaten Sumbawa Barat masih bisa merasakan kemeriahan Idul Fitri 1441 Hijriah / 2020 Masehi.

Meski pawai takbiran di malam Idul Fitri tidak dilaksanakan karena masih dalam masa pandemi Covid-19, namun pemerintah daerah KSB memutuskan pelaksanaan Sholat Id tetap akan dilaksanakan secara berjamaah.

Kepastian mengenai pelaksanaan sholat idul fitri ini tertuang dalam surat edaran Bupati Sumbawa Barat Nomor : 400/181/Kesra/V/2020 tanggal 18 Mei 2020 tentang pelaksanaan takbir dan sholat idul fitri 1441 Hijriah.

Dalam surat edaran yang ditandatangani Bupati HW Musyafirin itu, dinyatakan bahwa Kabupaten Sumbawa Barat saat ini berada dalam kawasan yang sudah terkendali dari penyebaran Covid-19.

Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin – Fud Syaifuddin dalam kegiatan sholat Idul Fitri 1440 Hijriah di Komoleks KTC Taliwang, tahun lalu

“Oleh karena itu, sholat idul fitri dilaksanakan secara berjamaah di lapangan atau masjid dsn mushollah sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 28 Tahun 2020 tentang panduan kaifiat takbir dan sholat idul fitri saat pandemi Covid-19,” bunyi surat edaran dimaksud.

Pada Point pertama, dijelaskan : Pelaksanaan Takbir menyambut Idul Fitri 1441 Hijriah dilaksanakan di masjid, mushollah atau di rumah masing-masing dan tidak ada pawai takbir (takbir keliling).

Point kedua : Pelaksanaan sholat Idul Fitri 1441 Hijriah untuk tingkat kabupaten akan dilaksanakan di lapangan depan Masjid Agung Darussalam KTC, dapat diikuti olwh seluruh masyarakat kelurahan, kecamatan Taliwang, sedangkan desa-desa kecamatan Taliwang dan Kecamatan lain dapat melaksanakan di lapangan, masjid atau mushollah masing-masing.

Point Ketiga : Masyarakat dalam pelaksanaan sholat Idul Fitri di lapangan, masjid atau mushollah tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai berikut :
a. Panitia menyiapkan tempat cuci tangan dengan sabun atau disinfektan.
b. Jamaah Id membawa sajadah dari rumah masing-masing.
c. Wajib menggunakan masker
d. Menghindari kontak langsung antar jamaah baik bersalaman atau berpelukan.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.