Ribuan Jamaah Sholat Ied di KSB Panjatkan Do’a Qunut Nazilah untuk Indonesia

KabarNTB, Sumbawa Barat – Do’a Qunut Nazilah untuk keselamatan dan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia dipanjatkan ribuan jamaah sholat Idul Fitri yang memadati lapangan depan Masjid Darussalam, Kompleks Kemutar Telu Centre (KTC) Kabupaten Sumbawa Barat, Ahad pagi 24 Mei 2020.

Sholat Idul Fitri yang diikuti ribuan jamaah dari seluruh Kota Taliwang, Ibukota Sumbawa Barat itu diimami Imam Besar Masjid Agung Darussalam, H Rusdin A Karim. Dalam suasana haru dan syahdu ditengah cuaca mendung yang menaungi Kota Taliwang, ribuan jamaah menengadahkan tangan mengaminkan do’a agar Indonesia dihindarkan dari segala bencana, dilindungi dari wabah dan diberikan kekuatan untuk mengahadapi ujian yang tengah dihadapi.

Ribuan jamaah melaksanakan Sholat Idul Fitri di Lapangan Masjid Darussalam KTC, Kabupaten Sumbawa Barat

Khotib, KH Amir Ma’ruf Husain, pengasuh Pondok Pesantren Al Ikhlas Taliwang, dalam khotbah singkatnya menyatakan, Ramadhan tahun ini terasa berbeda karena berlangsung ditengah wabah Covid-19 yang mempengaruhi berbagai sendi kehidupan masyarakat. Namun wabah dan berbagai bentuk cobaan lainnya yang diturunkan Allah SWT, kata Kyai Amir Ma’ruf, adalah ujian untuk menguji keimanan seorang muslim.

“Ibadah shiyam (puasa) yang baru kita lalui, adalah ibadah shiyam yang istimewa. Apakah kita benar-benar beriman ataukah hanya mengaku-ngaku beriman. Rasullulah Salallahualaihiwassalam bersabda “jika Allah mencintai suatu kaum, maka Ia akan menguji kaum itu (hadist riwayat Tirmidzi),”.

Jamaah Sholat Idul Fitri di Lapangan Masjud Agung Darussalam KTC, KSB

“Kenapa mencintai itu diwujudkan dalam bentuk ujian? Karena ujian itu akan menguatkan keperibadian manusia, sehingga manusia memiliki jiwa yang unggul,” urainya.

Bupati, HW Musyafirin, Wakil Bupati Fud Syaifuddin bersama jajaran Forkopimda Sumbawa Barat, turut hadir bersama masyarakat dalam kegiatan sholat Idul Fitri dimaksud. Meski berlangsung ditengah wabah Covid-19 namun suasana Idul Fitri tahun ini di Kabupaten Sumbawa Barat tetap terasa istimewa.

Selain di lapangan Kompleks KTC, warga di Kota Taliwang dan KSB umumnya, juga melaksanakan Sholat Ied di Masjid – masjid dan lapangan umum kelurahan maupun kecamatan. Suasana silaturahmi antar masyarakat juga berlangsung semarak seperti biasa, meski dengan tetap mematuhi protokol pencegahan covid-19.

Ribuan Jamaah usai melaksanakan Sholat Ied di Lapangan Masjid Darussalam KTC, KSB

Warga yang melaksanakan Sholat Ied berjamaah diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak shaf, sementara panitia menyiapkan air dan sabun cuci tangan di lapangan-lapangan dan masjid-masjid tempat pelaksanaan Sholat Ied.

Wakil Bupati Fud Syaifuddin, usai Sholat Ied, menyampaikan permohonan maaf lahir bathin atas nama pribadi dan keluarga serta Pemerintah Daerah kepada seluruh rakyat Sumbawa Barat. Ia berharap Idul Fitri tahun ini membawa keberkahan sehingga wabah Covid-19 bisa segera berlalu dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat bisa berjalan normal kembali.

“Peran serta masyarakat untuk melaksanakan protokol pencegahan sangat penting agar wabah ini bisa segera berlalu. Semoga ibadah Ramadhan yang telah kita lalui menjadikan kita pribadi yang lebih baik dan Allah SWT senantiasa melindungi kita semua,” ucapnya.

Secara umum pelaksanaan ibadah sholat Ied di seluruh KSB berjalan lancar, aman dan tertib.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.