Rusak di Masa Pemeliharaan, Embung Tiu Bengkemah Jereweh Segera Diperbaiki

KabarNTB, Sumbawa Barat — Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa Barat memastikan embung Tiu Bengkemah segera di perbaiki. Embung dimaksud yang berlokasi di Kecamatan Jereweh, sebelumnya sempat viral di Media Sosial lantaran mengalami kebocoran.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Pemukiman (PUPRPP) KSB, Amar Nurmansyah menyatakan, embung yang dibangun tahun 2019 lalu itu masih menjadi tanggungjawab kontraktor pelaksana karena masih dalam masa pemeliharaan.

“Jadi perbaikannya akan dilakukan rekanan yang mengerjakan proyek tersebut,” tegas Amar Nurmansyah, kepada wartawan, Jum’at 8 Mei 2020.

Kondisi embung Tiu Bengkemah di Kecamatan Jereweh yang rusak

Pejabat yang juga Asisten Perekonimian Setda KSB itu menegaskan, pembangunan embung Jereweh menelan dana miliaran rupiah. Embung tersebut dibangun pemerintah untuk mendukung jaringan irigasi pertanian masyarakat setempat.

PUPRPP KSB sudah menurunkan tim untuk melihat langsung kerusakan embung. “Tim kita sudah turun. Dan kita sudah langsung menghubungi kontraktor pelaksana, agar embung tersebut segera diperbaiki,” ucapnya.

Perbaikan sendiri diakuinya membutuhkan waktu cukup lama, belum lagi debit air yang ada di embung tersebut masih besar sehingga menyulitkan dilakukan perbaikan. “Perbaikan menunggu debit air surut. Saat ini proses pengurangan debit air embung sedang dilaksanakan dengan membuka pintu air yang ada,” jelasnya.

“Yang jelas ini tetap akan diperbaiki. Dan itu tetap menjadi tanggungjawab kontraktor pelaksana karena masih dalam masa pemeliharaan,” timpal Amar.

Kerusakan embung ini sendiri terjadi dibeberapa bagian. Dinding embung mengalami kebocoran dan dikhawatirkan rentan ambrol. Apalagi debit air embung cukup besar. Amar mengakui ada beberapa titik embung yang mengalami kerusakan.

“Sebenarnya sebelum sempat viral di medsos, kita dua minggu sebelumnya sudah mengindentifikasi masalah ini. Kita sudah turun, ada sekitar lima titik yang perlu diperbaiki oleh rekanan,” demikian Amar Nurmansyah.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.