Seorang Warga Senayan Poto Tano dari Cluster Magetan Positif Covid-19

KabarNTB, Sumbawa Barat – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi NTB, mengumumkan perihal penambahan 18 kasus baru positif per hari Ahad 3 Mei 2020. Salah satu dari kasus baru positif itu merupakan warga Desa Senayan, Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

“Pasien nomor 262, an. Tn. AF, laki-laki, usia 21 tahun, penduduk Desa Senayan, Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Magetan Jawa Timur. Riwayat kontak dengan orang sakit Covid-19 tidak pernah. Saat ini menjalani karantina terpusat di Kabupaten Sumbawa Barat dengan kondisi baik,” ungkap Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas NTB, HL Gita Ariadi dalam pernyataan resmi Ahad malam 3 Mei 2020.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemda KSB, H Tuwuh

Sebelumnya, Juru Bicara Gugus Tugas KSB, H Tuwuh, menjelaskan, terdapat 11 orang kluster Tomboro, Magetan, Jawa Timur asal Kabupaten Sumbawa Barat. Dari 11 orang cluster Magetan ini, 6 orang berasal dari Kecamatan Poto Tano (termasuk AF) dan 5 orang berasal dari Kecamatan Brang Rea.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dengan metode Rapid Diagnostic Test (RDT) yang telah dilaksanakan Gugus Tugas KSB di RSUD Asy Syfa secara bergelombang pada 23 dan 27 April lalu terhadap 11 orang Cluster Magetan ini, dua (2) orang diantanya dengan hasil reaktif, termasuk AF yang telah terkonfirmasi positif Covid-19. Sedangkan satu orang dengan hasil RDT reaktif lainnya dari cluster ini berasal dari Kecamatan Brang Rea. Keduanya saat ini sedang menjalani karantina di fasilitas karantina terpusat di Rusunawa Belisung, Kelurahan Menala.

AF sendiri merupakan Positif Covid-19 03 di KSB. Ia menjalani RDT di RSUD Asy Syfa pada 27 April lalu dengan hasil reaktif. AF merupakan positif covid-19 pertama di KSB yang berasal dari cluster Magetan.

Positif Covid-19 01 KSB adalah SY, laki-laki 63 tahun warga Kelurahan Kuang, Kota Taliwang yang meninggal dunia di Rumah Sakit Manambai Abdulkadir (RSMA) Sumbawa pada 18 April lalu. Sedangkan positif Covid-19 02 KSB berinisial M, laki-laki 63 tahun, warga Kecamatan Taliwang yang merupakan kontak erat positif 01. Yang bersangkutan saat ini sedang menjalani karantina di Rusunawa Belisung. “Kondisi positif Covid-19 02 baik dan tanpa keluhan,” kata Haji Tuwuh.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.