Bansos Covid-19 Diselewengkan? Segera Lapor Polisi!

KabarNTB, Sumbawa – Masyarakat diminta untuk segera melaporkan ke Kepolisian Resort (Polres) Sumbawa jika mengetahui ada penyelewengan dalam penyaluran bantuan sosial (Bansos) Covid-19, termasuk jika tidak tepat sasaran.

Polres Sumbawa telah menempatkan personel untuk mengawasi penyaluran Bansos dimaksud, baik berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) maupun Bantuan Sosial Tunai (BST).

Suasana penyaluran Bansos Covid-19

“Kami mengawasi penyaluran bantuan sosial tersebut agar betul-betul diterima masyarakat sasaran yang telah didata. Sejauh ini belum ada komplain masyarakat. Jika nantinya ada indikasi penyelewengan anggaran yang dilakukan oleh oknum-oknum, maka masyarakat diminta tak segan melaporkan ke pihak berwajib,” tegas Kapolres Sumbawa melalui Kasat Reskrim, IPTU Akmal Novian Reza, Rabu 3 Juni 2020.

Menurutnya, penyaluran Bansos ini belum selesai dan masih terus berjalan. Kalau ada laporan dari masyarakat, pihaknya segera menindaklanjuti sesuai prosedur. “Karena ini sifatnya wabah, jika ada dugaan pelangaran, maka disarankan masyarakat melapor, termasuk jika tidak tepat sasaran segera untuk dilaporkan,” tegasnya, sembari menegaskan bahwa Bansos dimaksud murni peruntukannya bagi warga miskin dan warga terdampak Covid-19.

Terkait pengawasan bantuan sosial Covid-19, Polri, sambung Kasat Reskrim, telah menginstruksikan sampai jajaran di tingkat bawah untuk mengawasi maksimal. Menurut Kasat Reskrim, dalam pengawasan ini, tim telah dibentuk,termasuk pengawasan di desa-desa yang melibatkan Kapolsek setempat dan Bhabinkamtibmas.

“Ini sudah dibentuk tim. Kalau di kita Reskrim itu mengawasi sampai di desa-desa, menginggat sebagian Bansos ini sudah disalurkan oleh Pemda. Kita juga awasi penyaluran Bansos yang bersumber dari pusat,” tambahnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.