KSB 02 Juni : 1 PPTG dari Kuwait Reaktif, 1 PDP Masih Dirawat di Asy Syfa

KabarNTB, Sumbawa Barat – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melaksanakan pemeriksaan dengan metode Rapid Diagnostic Test (RDT) terhadap empat orang Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) di Puskesmas Seteluk, Selasa, 2 Juni 2020.

“Dari 4 orang PPTG yang menjalani Rapid Test ini, 1 orang hasilnya reaktif dan 3 orang non reaktif,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas KSB, H Tuwuh, kepada KabarNTB, Selasa petang.

PPTG dengan hasil reaktif, sambung Haji Tuwuh, adalah perempuan berusia 42 tahun berinisial Nrh dari Desa Seteluk Atas. Yang bersangkutan selanjutnya akan diambil sampel swab untuk diperiksa di laboratorium dan saat ini telah menjalani karantina terpusat di Rusunawa Belisung, Taliwang.

Peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Sumbawa Barat per hari Selasa 02 Juni 2020 (sumber: Gugus Tugas KSB)

“Yang bersangkutan bersama tiga orang PPTG lainnya sebelumnya melakukan perjalanan dari negara Kuwait dan tiba di KSB beberapa hari lalu. Kondisinya dalam keadaan baik tanpa keluhan,” jelas Haji Tuwuh.

Selain satu orang PPTG dengan hasil RDT reaktif, juga terdapat satu tambahan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Sumbawa Barat. Menurut Haji Tuwuh, PDP bersangkutan berinisial NW, perempuan 51 tahun warga Desa Kokar Lian Kecamatan Poto Tano. Yang bersangkutan saat ini dirawat di RSUD Asy Syfa, Taliwang.

“Yang bersangkutan memiliki riwayat penyakit astma dan mengalami gejala batuk disertai sesak. Yang bersangkutan juga memiliki riwayat perjalanan ke Alas (Kabupaten Sumbawa) dan ditetapkan sebagai PDP sejak tiga hari lalu dan kondisinya kemarin (Senin,red) membaik,” imbuhnya.

Sampai dengan hari ini (Selasa 2 Juni 2020), total jumlah PPTG yang telah diperiksa di KSB sebanyak 6.815 orang dengan rincian masih dalam Karantina Mandiri di rumah 699 orang dan selesai Karantina Mandiri di rumah 6.116 orang.

Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) 172 orang, Karantina Mandiri dirumah 56 orang, 3 orang di Rumah Karantina Kabupaten Sumbawa Barat dan 113 orang telah selesai menjalani Karantina mandiri dirumahnya.

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 139 orang dengan rincian masih dalam pemantauan 4 orang dalam kondisi baik tanpa keluhan dan 135 orang telah selesai dalam pemantauan . Di Rusunawa Belisung sendiri saat ini terdapat 13 orang yang sedang menjalani karantina dengan rincian 10 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dalam kondisi baik tanpa keluhan dan 3 orang PPTG dalam kondisi baik tanpa keluhan.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.