Puluhan Pegawai Lapas Sumbawa Jalani Test Urine

KabarNTB, Sumbawa — Puluhan Pegawai Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa menjalanintes urine yang dilaksanakan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK), Selasa 30 Juni 2020.

Kegiatan menciptakan Lapas bersih dari Narkoba itu dipimpin Kepala Lapas Sumbawa Muhammad Fadli dan diikuti 76 pegawai Lapas setempat.

M Fadli mengatakan, kegiatan lapas bersih Barkoba (Bersinar) tersebut merupakan program dari Kemenkumham RI yang diteruskan hingga ke jajaran paling bawah. “Sejak awal kami bertugas di Sumbawa, kami telah berkomitmen untuk pemberantasan Narkoba dan mencegah Narkoba masuk ke dalam Lapas,” ucap Fadli usai test urine.

Kegiatan test urine yang dilaksanakan di Lapas Klas IIA Sumbawa

Selain kegiatan tes urine yangbdiikuti seluruh pegawai Lapas, pihaknnya juga telah melakukan upaya pemberantasan Narkoba di kalangan warga binaan yang ada di dalam Lapas.

“Upaya pencegahan tentunya kita awali dari jajaran kita terlebih dahulu, baru kepada warga binaan. Kegiatan yang bekerjasama dengan BNNK ini bukan kali ini saja, harus terus berkesinambungan, termasuk melakukan tes urine terhadap warga binaan dan rehabilitasi.” imbuhnya.

Selain upaya tersebut diatas, pihak lapas juga selalu memberikan himbauan kepada pegawai maupun warga binaan akan bahaya penyalahgunaan narkoba, hal ini tentu sesuai dengan Inpres No2 Tahun 2020 terkait dengan pemberantasan dan penyalahgunaan narkoba, dan inilah bukti dari implementasi dari inpres tersebut di Lpas Klas IIA Sumbawa.

“ Sengaja hari ini kita kumpul seluruh staf yang ada di Lapas Klas IIA ini dengan alasan ada rapat staf, kami sebelumnya tidak memberitahukan bahwa hari ini ada kegiatan tes urine, dengan adanya kegiatan ini sudah tentu kami berharap kedepan lapas Klas IIA bebas dan bersih dari narkoba dengan tetap bersinergi dengan pihak BNNK Sumbawa”.Jelasnya.

Ia menegaskan, jika ditemukan pegawai yang positif mengkonsumsi Narkoba sesuai hasilntest urine, akan diberikan tindakan tegas dari proses rehabilitasi hingga proses pemecatan, sesuai tingkat kesalahan. Demikian juga jika ada warga binaan positif mengkonsumsi Narkoba akan diproses sesuai aturan berlaku.

Sementara Kepala BNNK Sumbawa melalui Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Noersyafruddin, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk komitmen dalam memerangi narkoba yang bertujuan menjadikan lapas yang bersih dari Narkoba.

“Ini penting, menginggat lapas Klas IIA Sumbawa telah diwacanakan akan menjadi lapas Narkoba se-Pulau Sumbawa,” ujarnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.