SK DPP PAN untuk Firin – Fud di Pilkada KSB Sudah Terbit

KabarNTB, Sumbawa Barat – Teka teki mengenai siapa Pasangan calon bupati – wakil bupati yang akan di usung Partai Amanat Nasional (PAN) di Pilkada Kabupaten SUmbawa Barat, 9 Desember 2020, akhirnya terjawab.

Sejak Rabu sore, SK Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN untuk pasangan HW Musyafirin – Fud Syaifuddin, bakal calon bupati – wakil bupati kabupaten Sumbawa Barat viral di media sosial. SK dengan Nomor : PAN/A/Kpts/KU-SJ/084/VI/2020 tertanggal 24 Juni 2020 yang ditandatangani diatas materai Rp.6000 oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Sekretaris Jendral Eddy Soeparno. Gambar SK dimaksud dengan cepat menyebar di berbagai platform media sosial dan mengundang beragam komentar dari para netizen.

Ketua DPW PAN NTB, Muazzim Akbar, yang dikonfirmasi KabarNTB, via sambungan telephon, Rabu petang, 24 Juni 2020, membenarkan perihal SK tersebut.

Muazzim Akbar, Ketua DPW PAN NTB

“Memang benar, SK DPP PAN untuk pasangan calon yang akan diusung di Pilkada KSB sudah terbit. Tetapi tidak hanya untuk Pilkada KSB, SK DPP juga terbit bersamaan untuk pasangan calon yang akan diusung di Pilkada 6 kabupaten/kota lainnya di NTB,” jelas Muazzim Akbar.

Ia kemudian merinci satu per satu SK pasangan calon dimaksud. Untuk kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kepada pasangan HW Musyafirin – Fud Syaifuddin, untuk Kabupaten Sumbawa kepada pasangan Jarot – Mokhlis, untuk Kabupaten Bima kepada H Syafruddin M. Nur – Adi Mahyudin, untuk kota Mataram kepada pasangan Baihaqi – Baiq Diyah Ratu Ganefi.

Sementara mengenai penyerahan SK dimaksud kepada masing-masing bakal pasangan calon yang akan diusung, akan diserahkan oleh Ketua DPW PAN NTB. “Yang bersangkutan (pasangan calon yang diusung di masing-masing kabupaten/kota) sudah tahu bahwa SKnya sudah terbit. Tetapi secara sahnya, SK tersebut akan diserahkan langsung oleh DPW ke pasangan calon di masing-masing Kabupaten/kota,” bebernya.

Rencananya, Ketua DPW PAN NTB akan melakukan roadshow ke 7 kabupaten / kota di NTB yang melaksanakan Pilkada untuk menyerahkan secara langsung SK DPP PAN kepada pasangan calon yang akan diusung. Roadshow itu akan dimulai dari Kabupaten Bima yang akan dilaksanakan pada Kamis 25 Juni 2020, berlanjut ke Kabupaten Dompu, Sumbawa, Sumbawa Barat dan terakhir di kabupaten/kota di Pulau Lombok.

Dengan telah terbitnya SK DPP dimaksud, Muazzim Akbar menegaskan tidak ada lagi pihak-pihak diluar pasangan calon yang tercantum di dalam SK yang bisa mengklaim dukungan PAN. “Ini SK DPP yang terbit dengan form model B.1-KWK PARPOL yang akan digunakan untuk mendaftar oleh pasangan calon ke KPU, bukan rekom. Beda kalau partai lain menerbitkan rekom dan bisa saja berubah. Kalau PAN final,” tegasnya.

Terkait pasangan calon yang diusung di Pilkada KSB, Muazzim Akbar mengakui sebelumnya ada dua pasangan calon yang diusulkan ke DPP, yakni pasangan HW Musyafirin – Fud Syaifuddin dan pasangan HM Nur Yasin – KH Syamsul Ismain. Ia menegaskan kedua pasangan calon dimaksud diberikan kesempatan dan perlakuan yang sama. Pada saat pleno di tingkat DPD PAN KSB bersama tim Pilkada DPW memutuskan kedua pasangan itu diusulkan ke DPP.

“Setelah kedua pasangan diajukan ke DPP, tentu DPP punya pertimbangan-pertimbangan. Kita berikan kesempatan yang sama, Ustad Nun kita berikan kesempatan menyampaikan visi misi, bagaimana komitmen kepada partai dan lain sebagainya. Tentu setelah komunikasi dengan kedua paket yang kita usulkan itu, maka DPP jatuh pilihan kepada paket Musyafirin – Fud. Jadi ini final,” tegasnya.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.