5 Orang Kurir Ganja Seberat 3 Kg Ditangkap, 2 Dantaranya Mahasiswa dari Sumbawa

KabarNTB, Mataram – Tim Opsnal Ditresnarkoba Polda NTB bersama anggota BNN Provinsi NTB Berhasil mengamankan 5 yang terduga pelaku kurir Narkotika jenis ganja secara marathon di tiga lokasi berbeda pada Sabtu 18 Juli – Selasa 21 Juli 2020.

Tiga dari lima orang tersangka, merupakan mahasiswa yakni FDR alias DM (21 tahun) warga Desa Dalam, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa,  AHD alias AD (21 tahun) warga Desa Labuhan Burung, Kecamatan Buer, Kabupaten Sumbawa, dan RFD alias RZ (22 tahun) warga Desa Aikmel Timur, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur.

“Sedangkan dua pelaku lainnya, YPJ alias OG (23 tahun) warga Desa Aikmel Timur dan MRD alias DP (39 tahun) warga Kelurahan Dasan Agung, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram,” ungkap Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol. Artanto, dalam jumpa pers Kamis 23 Juli 2020.

Kabid Humad Polda NTB didampingi penyidik Ditresnarkoba menunjukkan barang bukti ganja seberat 3 kg yang berhasil diamankan dari para tersangka

Menurut Artanto, penangkapan para tersangka berawal pada Sabtu 18 juli 2020 sekitar pukul 15.00 Wita Dir Resnarkoba Polda NTB mendapat informasi akan ada pengiriman Narkotika jenis Ganja melalui jasa pengiriman yang berkantor di Selong Lombok timur. Dari informasi tersebut, Dir Resnarkoba Polda NTB memerintahkan Tim Opsnal bersama anggota BNN Provinsi NTB untuk melakukan penyelidikan ke TKP.

Selanjutnya, pada hari Selasa tanggal 21 Juli 2020 sekitar pukul 10.30 Wita tim melakukan penangkapan terhadap tersangka RFD dan YPJ diJalan RA Kartini No. 22 Lingkungan Bagek Longgek, Kelurahan Rakam, Kecamatan Selong Lombok Timur, tepatnya di salah satu Jasa  Pengiriman Barang.

“Dari penggeledahan terhadap tersangka, petugas menemukan barang bukti berupa 3 bungkus besar daun kering dan biji yang diduga narkotika jenis ganja seberat 3 Kg yang dibungkus dengan menggunakan lakban warna coklat tepatnya didalam kotak kaleng aluminium yang menggunakan plastik warna merah,” ungkapnya.

Selanjutnya, dari hasil interogasi, kedua tersangka mengaku bahwa barang tersebut di dapatkan dari AHD dan FDR. Tim Opsnal langsung melakukan penangkapan terhadap AHD dan FDR di Jalan Sultan Salahudin, Gang Mawar no. 3 Lingkungan Batu Dawe, Kelurahan Tanjung Karang, Kecamatan Sekarbela Kota Mataram.

“Dari tersangka AHD dan FDR, petugas mendapatkan informasi bahwa barang tersebut milik MRD dan dilakukan pengembangan. Setelah di lakukan pengembangan, petugas berhasil mengamankan saudara MRD di jalan Udayana Dasan Agung, Kecamatan Selaparang Kota Mataram, tepatnya didepan Kantor DPR Provinsi NTB,” ungkap Artanto.

Selain barang bukti 3 bungkus besar Narkotika jenis Ganja seberat 3 Kg, tim juga menyita barang bukti lain berupa kantonh plastik warna merah, serta Kaleng Almunium. Selanjutnya para tersangka dan barang bukti diamankan ke kantor Ditresnarkoba Polda NTB guna penyelidikan lebih lanjut.

“Para tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat  2 dan atau Pasal 111 ayat 2 dan atau Pasal 132 ayat 1 UU No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara lima tahun hingga seumur hidup,” jelas Artanto.

Modus pengiriman narkotika oleh tersangka dengan cara berpura-pura mengirim jajanan berupa”Reginang” yang di masukan ke dalam kaleng Almunium, dari paket barang tersebut, di ketahui alamat pengirimnya berasal dari Provinsi Aceh.

“Para tersangka tersebut, merupakan kurir yang di di suruh oleh seorang berinisial A yang merupakan tahanan lapas,” demikian Artanto.(NK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.