Legislator Minta BWS NT1 Segera Tangani Bendungan Selanteh Sumbawa

KabarNTB, Sumbawa — Bendungan Selanteh yang merupakan salah satu bendungan tertua yang ada di Kabupaten Sumbawa butuh penanganan segera karena area genangan bendungan sudah dangkal akibat penumpukan sediment. Selain itu, sejumlah fasilitas bendungan juga memerlukan peremajaan.

“Kami minta BWS (Balai Wilayah Sungai ) Nusa Tenggara 1 untuk memberi perhatian dan segera melaksanakan langkah penanganan kondisi bendungan ini, karena keberedaaannya sangat dibutuhkan petani,” ujar anggota DPRD Sumbawa dari Fraksi Partai Demokrat, Budi Kurniawan, kepada KabarNTb, Kamis 30 Juli 2020.

Budi Kurniawan, Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumbawa

Menurutnya, dari hasil turun lapangan, kondisi Bendungan Selanteh memprihatinkan dan butuh penanganan segera. Selain itu banyak masukan dan keluhan dari petani yang berada di beberapa desa yang diairi bendungan tersebut.

“Kalau dulu lahan persawahan bisa tanami padi dua kali, kini sangat kesulitan akibat debit air yang ada di dalam bendungan minim akibat terjadinya penumpukan sedimentasi,” jelas Budi.

Bukan cuma penumpukan sedimentasi, area genangan bendungan juga butuh dilebarkan agar bisa menampung debit air yang lebih banyak, serta penambahan saluran dan peremajaan saluran di beberapa areal persawahan masyarakat setempat. “Sangat disayangkan jika bendungan itu tidak dimaksimalkan fungsinya, karna diarea hulu masih sangat bagus”. imbuhnya.

Bendungan Selanteh sendiri, mengairi ratusan hektar lahan pertanian di beberapa desa di Kecamatan Plampang. “Kami di DPRD Sumbawa akan menyuarakan hal ini dengan menyurati pihak BWS serta Dinas terkait lainnya agar bendungan dimaksud bisa berfungsi maksimal demi kemaslahatan petani,” demikian Budi Kurniawan.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.