Orang Tua Calon Taruna Akpol Diminta Jangan Percaya Calo

KabarNTB, Mataram – Panitia Seleksi Penerimaan Terpadu Anggota Polri Polda NTB mengumumkan dari 108 Orang calon Taruna Akpol (Akademi Kepolisian) yang mengikuti seleksi, hanya 83 Orang Calon Taruna yang dinyatakan lulus pemeriksaan administrasi untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan (Rikkes). Rikkes akan dilaksanakan oleh dokter khusus dan telah diambil sumpahnya oleh Kapolda NTB untuk menjalankan tugas secara obyektif dan bertanggungjawab.

Penerimaan Taruna Akpol 2020 merujuk pada Keputusan Kapolri Nomor:KEP/2502/XXI/2019 tanggal 23 Desember 2019 tentang Program Pendidikan dan Latihan Polri Tahun Anggaran 2020 dengan pendaftaran secara online mulai dari tanggal 7 – 23 Maret 2020.

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto saat meninjau proses seleksi Calon Taruna / Taruni Akpol 2020

Kuota penerimaan Calon Taruna Taruni Akpol tahun 2020 sebanyak 250 orang seluruh Indonesia, terdiri dari 220 pria dan 30 wanita dengan persyaratan khusus yakni usia minimal 16 tahun, nila toefl 500, dan usia maksimal 21 tahun pada saat pembukaan pendidikan serta tinggi badan pria minimal 165 cm dan wanita 163 cm. Untuk saat ini Polda NTB mendapat alokasi kuota sebanyak 4 Orang.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto, mengingatkan para Calon Taruna (Catar) Akpol dan para orang tua/wali catar yang telah lulus rikmin dan rikkes, agar tidak mudah percaya kepada oknum yang menyatakan dapat membantu kelulusan, karena Polri telah menerapkan pola rekrutmen yang profesional, transparan, ketat dan akuntabel.

“Polda NTB juga melibatkan pihak internal dan eksternal untuk ikut mengawasi proses rekrutmen agar benar-benar profesional dan transparan,” jelas Artanto.

Ia meminta para Catar Akpol yang telah dinyatakan lulus rikmin dan rikkes agar belajar yang baik, mempersiapkan fisik dan juga mental dan percaya pada kemampuan diri sendiri.

“Untuk orang tua/wali Catar, kami minta untuk tidak mudah percaya terhadap orang atau calo yang mengiming-imingi untuk bisa meluluskan anaknya sebagai calon taruna/ni Akpol karena masuk Polri tidak dipungut biaya alias gratis,” imbuh Artanto.

Untuk diketahui, para Catar Akpol 2020 yang telah dinyatakan lulus rikmin dan rikkes, selanjutnya akan mengikuti Ujian Psykologi akan dilaksanakan pada tanggal 9-10 Juli 2020 dan Ujian Jasmani yang akan dilaksanakan pada 13 -16 Juli 2020, kemudian pada 17-18 Juli akan dilaksanakan Ujian Akademik.(NK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.