Polsub Sektor Kota Sumbawa Beri Pemahaman Kepada Keluarga PDP yang Hendak Dibawa Pulang

KabarNTB, Sumbawa – Kapolsub Sektor Kota Sumbawa dan anggota melaksanakan pengamanan dan mediasi terhadap keluarga salah satu pasien berstatus PDP Covid-19 yang saat ini sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Sering Sumbawa, Kamis malam 16 Juli 2020.

Kapolsub Sektor Kota Sumbawa, Ipda M. Yusuf, menjelaskan, awalnya Polsub Sektor Kota menerima informasi dari Dinas Kesehatan Sumbawa yang meminta bantuan pengamanan lantaran ada salah satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berinisial RS, perempuan warga Dusun Layang Bahari, Desa Bajo Medang, Kecamatan Labuhan Badas Sumbawa yang akan dipulangkan paksa oleh keluarganya.

Proses mediasi oleh Kapol Subsektor Kota Sumbawa dengan pihak keluarga pasien berstatus PDP yang hendak dibawa pulang dari rumah sakit

“Berdasarkan hasil rapid test, pasien PDP tersebut dinyatakan reaktif dan saat ini dilakukan isolasi di RSU sering,” ungkap M Yusuf.

Ia menjelaskan, keluarga pasien meminta kepada pihak rumah sakit untuk membawa anaknya pulang dan pihak rumah sakit sudah memberikan pemahaman bahwa pasien masih menjalani masa isolasi karena belum keluar hasil test swabnya sehingga pasien tidak bisa di pulangkan.

Namun, keluarga pasien PDP tidak mau menerima penjelasan dari pihak rumah sakit dan memaksa akan membawa pulang anaknya dan siap menanggung segala resiko dan kemungkinan yang terjadi.

“Keluarga pasien menerima informasi dari Kepala Desa Bajo Medang bahwa anaknya sudah positif Covid-19. Setelah mendapat penjelasan bahwa hasil swab belum keluar, ahkirnya orang tua pasien menerima dan mempersilahkan anaknya di rawat sesuai protokol Covid-19 dari pemerintah,” terangnya.

Sementara itu, dalam mediasi, Kapolsub Sektor Kota Sumbawa memberikan pemahaman bahwa pemerintah melalui Dinas Kesehatan Sumbawa saat ini sedang berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada pasien PDP sehingga kondisi pasien nantinya benar benar sehat. “Kami juga meminta kepada suami pasien PDP agar tetap bersabar dan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak medis serta tidak terlalu mudah percaya dengan informasi yang belum jelas kebenarannya,” tegas Yusuf.(JK/NK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.