Reses di Tiga Desa, Yasin Musamma Berjanji Perjuangkan Kebutuhan Petani

KabarNTB, Sumbawa — Anggota DPRD Sumbawa Dapil II, Muhammada Yasin Musamma melaksanaksn reses di tiga titik yakni Desa Lape, Labu Kuris dan Desa Lopok. Warga di tiga desa tampak antusias mengikuti kegiatan reses dan menyuarakan aspirasi tentang kebutuhan dibidang pertanian yang menjadi mata pencaharian utama mayoritas warga tida desa dimaksud.

Dalam reses di Desa Labu Kuris, Rabu 22 Juli 2020, warga menyuarakan aspirasi soal normalisasi jaringan irigasi primer untuk kelancaran distribusi air, penerapan pola tanam yang baik agar penerapan distribusi air berjalan dengan baik serta pembangunan menara masjid.

M Yasin Musamma, Anggota DPRD Sumbawa dari Fraksi Demokrat berbicara dalam kegiatan reses di Kecamatan Lape

Di Dusun Batu Praga Desa Lape, pada Kamis 23 Juli 2020, masyarakat setempat meminta fasilitas dan pengadaan air bersih melalui sumur bor sebagai upaya meringankan beban masyarakat ketika terjadi krisis air bersih. Sementara di bidang pendidikan, warga dan pihak sekolah dasar setempat mengharapkan adanya perhatian pemerintah terhadap kondisi pagar sekolah lantaran lingkungan sekolah kerap masuk hewan yang berakibat rusaknya fasilitas serta tanaman yang ada.

Sementara di wilayah Desa Lopok yang dilaksanakan pada Jumat 24 Juli 2020, kebanyakan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat masih seputar irigasi pertanian yang dinilai selama ini air dari bendungan Mamak belum maksimal dapat mengairi lahan pertanian warga. Bahkan yang dulunya bisa tiga kali panen, saat ini hanya sekali panen (karena tadah hujan).

“Hal itu lebih disebabkan karena kerusakan di pintu air bendungan serta banayaknya saluran irigasi yang tidak dibangun di area persawahan penduduk,” jelas Yasin kepada wartawan.

Selain itu Warga Lopok juga mengharapkan adanya bantuan sumur dangkal atau kantong-kantong air untuk membantu ketersediaan air, serta pengaman tebing sungai yang juga perlu menjadi prioritas. “Hal itu penting karna menyangkut keamanan kampung saat banjir melanda,” imbuhnya.

Terkait berbagai aspirasi masyarakat itu, Yasin Musamma yang juga Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPRD Sumbawa, menyatakan akan memilah apa yang menjadi skala prioritas untuk diusulkan ke forum lebih tinggi.

“Terkait masalah pertanian, Saya tak akan memandang sebelah mata permasalahan ini karena ini menyangkut keberlangsungan kehidupan petani,” tandasnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.