URuP, Universitas Gratis untuk Semua Segera Berdiri di Orong Telu Sumbawa

KabarNTB, Sumbawa – Harapan masyarakat Kecamatan Orong Telu dan kecamatan lainnya di wilayah selatan Kabupaten Sumbawa untuk memiliki fasilitas pendidik tinggi, sebentar lagi akan terwujud.

Di Kecamatan Orong Telu akan didirikan Universitas Rumah Peneleh (URuP). Lembaga pendidikan tinggi yang rencananya didirikan dalam wilayah administrasi Desa Kelawis tersebut bernaung dibawah Yayasan Peneleh Jang Oetama, sebuah lembaga yang bergerak di bidang pendidikan tinggi non formal berpusat di Malang Propinsi Jawa Timur. Peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan URuP dilaksanakan pada Jum’at 17 Juli 2020.

Gambar Rencana kampus URuP Orong Telu

Ketua Yayasan Peneleh Jang Oetama, Dr H Dedi Mulawarman, menegaskan, URuP yang akan dibangun di Orong Telu adalah milik bersama yang dibiayai dengan dana wakaf.

“Mahasiswa yang kuliah di URuP tidak dipungut biaya, begitupula para dosennya tidak dibayari. Pada prinsipnya universitas ini adalah pondok pembelajaran bersama,” tandasnya dalam sambutan pada acara peletakan batu pertama UruP.

Menurutnya, URuP adalah tempat mengkader anak-anak bangsa agar memiliki rasa kebangsaan yang tinggi serta menguasai berbagai disiplin ilmu. Dosen URuP nantinya tidak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi juga berasal dari Nepal, India, Australia, Yunani dan Rusia. Mereka adalah para guru besar yang bersedia menjadi abdi guru.

Meski demikian, URuP tidak berorientasi membangun gedung formal dari beton, tetapi inspirasinya dari rumah panggung yang terbuat dari kayu seperti Dalam Loka (Istana Raja Sumbawa) yang akan dibangun secara bertahap.

“Tujuan pembangunan URuP agar pendidikan itu memilik standar yang sama seperti di Jawa, serta pendidikan tidak hanya berpusat di pulau Jawa saja,” terang dosen fakultas ekonomi Universitas Brawijaya Malang ini.

Peneleh adalah nama sebuah jalan di kota Surabaya, Propinsi Jawa Timur tempat dimulainya pergerakan nasional Indonesia, tepatnya rumah HOS Tjokroaminoto.(DS)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.