Desa Senawang Orong Telu Disambangi Tim Penilai Lomba Kampung Sehat

KabarNTB, Sumbawa – Tim penilai lomba kampung sehat tingkat kabupaten menyambangi Desa Senawang Kecamatan Orong Telu Kabupaten Sumbawa NTB, untuk menilai dan melihat dari dekat kondisi lapangan desa terkait, Kamis 13 Agustus 2020.

Ketua tim penilai lomba desa sehat, AKP I Ketut Suryana, menjelaskan, salah satu item yang dinilai dalam lomba kampung sehat adalah pelaksanaan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19.

Suasana peniilaian Desa Senawang Kecamatan Orong Telu sebagai peserta Lomba Kampung Sehat

“Kecamatan Orong Telu merupakan salah satu kecamatan dengan kategori zona hijau, hal ini patut disyukuri.Mengingat di beberapa tempat lainnya di Indonesia ini masuk zona merah akibat adanya masyarakat yang terpapar covid-19,” ujarnya.

Karena itu, ia menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah guna meminimalisir penularan covid-19. “Salah satu protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah adalah menggunakan masker, meski berada di dalam rumah maupun saat berkendara,” timpal Ketut.

Sementara itu,Camat Orong Telu, Ardiyansyah, memaparkan, pandemi covid-19 telah mempengaruhi aktifitas ekonomi masyarakat serta beragam tanggapan dari masyarakat di kecamatan yang dipimpinnya. Sehingga dalam hal ini ia mengklasifikasikan tanggapan masyarakat dalam menghadapi pandemi covid19 menjadi empat kelompok yakni: pertama, masyarakat yang tidak terpengaruh secara ekonomi dan membatasi aktifitas di luar rumah karena kebutuhan hidupnya terpenuhi.

Kedua, masyarakat yang tidak terpengaruh secara ekonomi namun tetap melakukan aktifitas di luar rumah dengan tetap mentaati protokol kesehatan. Ketiga, masyarakat yang terpengaruh secara ekonomi sehingga untuk memenuhi kebutuhan hidupnya harus melakukan aktifitas di luar rumah tetapi mampu beradaptasi dengan keadaan saat ini.

“Sedangkan yang terakhir adalah masyarakat yang terpengaruh secara ekonomi tetapi belum mampu beradaptasi dengan kondisi saat ini,” jelas Ardiyansyah.(DS)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.