Haji Mo’ Ajak Publik Lebih Perhatikan Hak – Hak Penyandang Disabilitas

KabarNTB, Sumbawa – Wakil Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah (Haji Mo’) menyambangi para penyandang disabilitas di Sekretariat Lembaga Persatuan Penyandang Disabilitas Samawa (LPPDS) Jum’at 14 Agustus 2020. Selain untuk menghadiri kegiatan “Gerakan Perubahan Komunitas Disabilitas Samawa”, Wabup juga bersilaturahmi dan memberi motivasi kepada para penyandang disabilitas.

“Gerakan perubahan Komunitas Disabilitas Samawa yang dilaksanakan LPPDS ini merupakan pemicu untuk membangkitkan kesadaran publik, sekaligus juga mengingatkan pemerintah agar lebih memperhatikan hak-hak penyandang disabilitas,” ungkap Haji Mo’ dalam sambutannya.

Wakil Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah (Haji Mo’) bersama komunitas Disabilitas yang tergabung dalam LPPDS

Terkait masih banyaknya penyandang disabilitas yang belum memiliki KTP, Wabup meminta Kepala Dukcapil untuk memberi kemudahan dan penyandang disabilitas yang belum memiliki KTP agar segera didata dan dapat secepatnya dibuatkan KTP.

“Dari laporan Ketua LPPDS, masih banyak penyandang disabilitas yang belum memiliki KTP, sehingga para disabilitas kesulitan untuk mengakses bantuan-bantuan yang ada karena tidak memiliki KTP. Ini mesti menjadi perhatian dinas terkait,” ucapnya.

Haji Mo’ juga menyampaikan apresiasi kepada para penyandang disabilitas di Sumbawa yang memiliki banyak prestasi walaupun dengan keterbatasan yang mereka miliki. Termasuk di masa pandemi Covid-19, para disabilitas melakukan kegiatan yang produktif pula, seperti membuat dan menjadi produsen masker untuk kantor Plan Internasional dan juga untuk kecamatan-kecamatan seperti Kecamatan Moyo Hilir, Kecamatan Labuhan Badas, dan Kecamatan Sumbawa.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membuka mata publik bahwa disabilitas juga dapat berprestasi dan produktif dalam berbagai bidang,” timpalnya.

Pada acara tersebut,Wabup juga menyempatkan diri melihat kerajinan yang dibuat oleh anggota LDDPS.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.