Positif Covid-19 Meninggal Bertambah, Gugus Tugas KSB Masih Laksanakan Contact Tracing

KabarNTB, Sumbawa Barat – Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) masih melaksanakan contact tracing terhadap orang yang pernah terlibat kontak dengan pasien positif covid-19 atas nama MTH (50 tahun) yang meninggal dunia pada 15 Agustus lalu.

Juru Bicara Gugus Tugas KSB, H Tuwuh, mengatakan contact tracing meliputi keluarga dekat (tinggal serumah) dengan Almarhumah MTH atau orang lain yang pernah terlibat kontak dengan yang bersangkutan.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemda KSB, H Tuwuh

“Fokus kita saat ini adalah mendata setiap orang yang melakukan kontak dengan pasien, termasuk teman-teman kita yang di rumah sakit (Asy Syfa). Dengan pihak keluarga juga akan kita lakukan pendekatan. Mereka kami arahkan untuk karantina mandiri selama 14 hari secara mandiri dan dipantau oleh tim kesehatan,” papar Haji Tuwuh, kepada KabarNTB, Selasa 18 Agustus 2020.

Apabila dalam masa karantina itu tidak ditemukan gejala, sambung Haji Tuwuh, maka karantina dianggap selesai. Namun apabila ditemukan gejala, maka yang bersangkutan akan langskung berstatus sebagai suspect. Suspect ini akan akan langsung dilakukan uji swab dan mesti diisolasi.

“Sudah tidak ada lagi istilah ODP atau PDP, tapi isolasi dan langsung diswab, tidak lagi di rapid test,” jelasnya.

Ia menambahkan, uji swab bisa langsung dilakukan apabila seseorang memiliki gejala dan memiliki riwayat perjalanan ke daerah terpapar Covid-19. “Juga memiliki riwayat kontak langsung dengan pasien positif Covid-19,” demikian Haji Tuwuh.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gugus Tugas KSB mengumumkan penambahan 1 kasus kematian baru per hari Senin 17 Agustus 2020.

“Berdasarkan press release Provinsi Nusa Tenggara Barat Pasien an. MTH, perempuan, usia 50 tahun, alamat Kelurahan Bugis Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, telah meninggal tanggal 15 Agustus 2020,” ungkap Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas KSB, Abdul Aziz, dalam pers release, Senin malam.(Mir)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.