RAPI Sumbawa Bantu Siswa di Daerah Terpencil Belajar Lewat Radio HT

KabarNTB, Sumbawa — Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Sumbawa membantu akses pembelajaran jarak jauh dengan mengunakan akses radio HT untuk daerah terisolir di Kabupaten Sumbawa.

Langkah RAPI Sumbawa ini untuk meretas kesukitan siswa yang tinggal di daerah terpencil dan tidak terjangkau jaringan internet lantaran letak geografis yang sangat sulit, sehingga menyulitkan siswa mengikuti kegiatan belajar daring.

Siswa dindaerah terpencil yang tidak terjangkau jaringan internet di Kabupaten Sumbawa tetap bisa belajar lewat fasilitas Radio HT yang difasilitasi RAPI Sumbawa

Ketua RAPI Sumbawa H.Sahabuddin, menjelaskan, langkah RAPI Sumbawa adalah bentuk kepedulian agar anak-anak yang berada di daerah terisolir atau belum ada akses internet bisa terbantu dalam hal belajar mengajar dengan sistem daring.

“Teman-teman yang tergabung di RAPI sudah membantu memasang perangkat Refiter pada frekwensi 14320 dan Frekwensi 14.360 di sekolah satu atap yang ada di Dusun Punik Desa Batu Dulang dan ada juga di Desa Batu Lanteh Kecamatan Batu Lanteh,” jelas Haji Sahabuddin, Selasa 4 Agustus 2020.

Selain memberikan bantuan perangkat radio HT, RAPI Sumbawa juga melakukan pembinaan terhadap murid-murid yang ada di SDN dan SMP Satap yang ada di Punik terkait pola mengunakan radio HT,

“Pengurus Rapi dalam hal ini Pak Rusdianto AR yang lebih intens turun ke lapangan bersama teman-temannya dalam membantu anak-anak dan pihak sekolah yang ada di wilayah Batu Lanteh mulai dari pemasangan perangkat hingga pola pengunaan radio HT kepada pihak sekolah dan murid setempat,” imbuhnya.

Sselain dibeberapa desa di Kecamatan Batu Lanteh, RAPI Sumbawa juga berencana akan membantu desa-desa yang lainnya yang akses internya belum ada atau sulit. Ini semata-mata upaya bersama dalam membantu dunia pendidikan agar sistem daring dimasa pendemi covid 19 bisa berjalan meski mengunakan sistem radio HT yang merupakan bagian dari komunikasi alternatif.

“Pimpinan RAPI Pusat setelah mengetahui apa yang telah dilakukan oleh RAPI Sumbawa dan dalam hal ini mereka siap memberikan bantuan peralatan seperti antena dan alat perlengkapan lainnya. Intinya di masa pandemi Covid 19 ini, RAPI Sumbawa siap memberikan bantuan kepada wilayah terisolir dalam hal komunikasi,” demikian H Sahabuddin.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.