Sat Lantas Polres Lobar Tindak 2.332 Pelanggar Selama Operasi Patuh Gatarin 2020

KabarNTB, Lombok Barat – Selama pelaksanaan Operasi Patuh Gatarin 2020 yang di laksanakan sejak tanggal 23 juli 2020 sampai tanggal 6 agustus 2020, Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Barat telah melakukan penindakan terhadap 2.332 pengendara kendaraan bermotor. Jumlah penindakan itu terdiri dari 804 pengendara ditilang dan 1.528 pengendara diberikan teguran.

Kapolres Lombok Barat, melalui Kasat Lantas, Iptu I Made Sugiartha, menjelaskan operasi patuh gatarin 2020 mengedepankan pendekatan humanis sebagai upaya Polri dalam meminimalisir terjadinya Gangguan Kamtibmas khususnya yang terjadi di jalan Raya.

Petugas kepolisian memeriksa kelengkapan kendaraan dan surat-surat pengendara dalam Operasi Patuh Gatarin 2020

“Target utama operasi sebagai upaya Polri khususnya Sat Lantas Polres Lobar dalam memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih disiplin dan tertib dalam berlalu lintas,” ucapnya.

Disamping pemberian edukasi dan penindakan, kegiatan operasi tersebut selakigus sebagai sarana Polri untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. Karenanya, Kasat Lantas mengutarakan kegiatan operasi ini lebih banyak kepada pemberian himbauan dan teguran.

“Itu sebabnya hasil tilang tidak terlalu banyak karena yang lebih diutamakan himbauan dan teguran,” pangkasnya.

Sepanjang Operasi Patuh Gatarin Tahun 2020 angka tilang dan kecelakaan mengalami penurunan dibandingkan tahun 2019. Namun, angka teguran selama operasi Patuh Gatarin 2020 lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

“Jumlah penurunan terjadi pada Tilang di Tahun 2019 dengan presentasi 56,73% dan Kecelakaan Lalu Lintas dengan presentase 20%. Sedangkan pada teguran meningkat pada presentase 292,80%,” jelas Kasat Lantas.

Dengan Operasi Kepolisian Patuh Gatarin 2020 yang telah digelar selama 14 hari tersebut Kasat Lantas berharap dapat memberikan dampak positif terhadap ketertiban pengguna jalan saat berkendara dan selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19.(NK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.