KT ‘Atas Desa’ Kelawis Dapat Bantuan PK 200 Juta dari Pemprov NTB

KabarNTB, Sumbawa – Kelompok Tani ‘Atas Desa’ Desa Kelawis Kecamatan Orong Telu, Kabupaten Sumbawa mendapatkan bantuan dana sebesar Rp. 200 juta dari pemerintah propinsi NTB pada tahun 2020, melalui program Pertanian Keluarga (PK).

“Dana itu kami gunakan untuk membeli induk sapi, bibit komoditas pertanian serta pupuk dan obat-obatan pertanian lainnya sesuai juknis dari pemerintah propinsi melalui dinas terkait,” terang Ketua Kelompok Tani Atas Desa, Khairul Fikri, kepada KabarNTB di kediamannya Ahad 13 September 2020.

Indukan sapi milik Kelompok Tani Atas Desa, desa Kelawis kecamatan Orong Telu Sumbawa yang mendapat bantuan program PK dari Pemprov NTB

Menurutnya, 50 persen dari dana tersebut telah digunakan untuk pengadaan induk sapi bali sebanyak 10 ekor. Sedangkan 50 persen lainnya telah digunakan untuk pengadaan bibit jagung hibrida, pupuk dan obat-obatan pertanian yang diperuntukkan bagi 35 orang anggota kelompok tani pada musim tanam mendatang.

“Jagung hibrida dipilih sebagai komoditas pertanian tanaman pangan, karena ia menilai sesuai keadaan lahan pertanian serta kesepakatan anggota kelompok” urainya.

Didampingi Patarman sebagai bendahara kelompok, Khairul yakin anggota kelompoknya akan mengalami peningkatan kesejahteraan dengan adanya bantuan dana tersebut. Iapun bertekad untuk mengelola dana dimaksud dengan manajemen yang terbuka dan baik.

“Nantinya setelah seluruh anggota kelompok mendapatkan bagian dari sapi tersebut,maka induk awal akan dikelola menjadi aset kelompok,” pungkasnya.(DS)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.