Rakor Persiapan Kampanye Pilkada KPU Sumbawa : Rapat Umum Maksimal 100 Orang, Dialogis 50 Orang

KabarNTB, Sumbawa –Menjelang Tahapan kampanye pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa 2020 yang tinggal menghitung hari, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbawa menggelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan kampanye dengan Bawaslu, Kepolisian dan perwakilan tim dari bakal pasangan calon, Senin 21 September 2020. Sesuai jadwal, masa kampanye Pilkada akan dimulai pada 26 September hingga 5 Desember 2020 mendatang. .

Ketua KPU Sumbawa M Wildan, kepada wartawan usai Rakor, mengatakan, Pilkada 2020 ini berbeda dengan Pilkada tahun sebelumnya, karena pelaksanaannya di tengah masa pandemi covid-19. Kondisi ini menyebabkan jumlah massa yang diperbolehkan hadir pada saat kampanye dibatasi. “Rapat umum maksimal 100 orang. Sedangkan kampaye dialogis dan tatap muka hanya boleh dihadiri maksimal 50 orang,” terangnya.

Suasana Rakor persiapan masa kampanye Pilkada yang dilaksanakan KPU Sumbawa

Pembatasan jumlah massa yang hadir saat kampaye, sambung Wildan, tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) nomor 10 tahun 2020 tentang pelaksanaan Pilkada dalam kondisi bencana non alam virus corona. Dalam pasal 58 dijelaskan, kampanye jenis pertemuan terbatas dan pertemuan tatap muka hanya boleh dihadiri maksimal 50 orang peserta. Kemudian dijelaskan juga pada pasal 64 bahwa kampanye jenis rapat umum maksimal boleh dihadiri 100 orang peserta.

“Jika massa yang hadir melebihi jumlah yang telah ditentukan, maka siap-siap untuk dipulangkan. Terkait konsekuensi, ketika melebihi kafasitas, tidak sesuai PKPU, misalnya kalau 50 terus yang hadir 60, otomatis yang 10 dipulangkan,” ujarnya.

Sementara untuk waktu kampanye tidak dibatasi selama masa kampanye dari 26 September sampai 5 Desember. “Namun selain pembatasan jumlah massa yang hadir saat kampanye, setiap pasangan calon maupun yang hadir saat kampanye juga diminta taat dengan protokol kesehatan lainnya. Seperti menggunakan masker, jaga jarak dan lainnya.” demikian M Wildan.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.