Sekolah Filial Bukit Tinggi, Sekolah ‘Bambu’ di Puncak Batu Rotok

KabarNTB, Sumbawa – Pemerintah Desa Baturotok Kecamatan Batu Lanteh, Kabupaten Sumbawa, bersama masyarakat Dusun Bukit Tinggi yang berkolaborasi dengan Universitas Samawa (UNSA) membangun sekolah filial Kaduk – Ladan – Bukit Tinggi di dusun setempat. Uniknya bangunan sekolah tersebut seluruhnya terbuat dari material bambu.

Sekolah dengan fasilitas seadanya itu, dibangun secara gotong royong bersama bersama seluruh warga Dusun Bukit Tinggi. Kades Baturotok, Edi, mengisahkan, keberadaan SD filial Kaduk – Ladan – Bukit Tinggi berawal dari permintaan warga karena jarak yang telalu jauh untuk anak-anak mereka besekolah. Permitaan itu akhirnya direalisasikan secara gotong royong dengan membuat sekolah filial SDN Kaduk dan SDN Ladan di atas tanah hibah dari warga setempat.

Ibu-ibu bergotong royong membersihkan halaman sekolah filial yang dibangun dengan material bambu di Dusun Bukit Tinggi Desa Batu Rotok Sumbawa

“Supaya dekat, karena bapak ibu dari siswa siswi disini kan mayoritas petani. Jadi, tidak ada yang antar. Akses menuju ke sekolahan siswa sangat jauh. Harus jalan kaki 3-4 kilometer menuju sekolahan. Walaupun ada sebagian yang diantarkan naik motor, tapi klo sudah memasuki musim hujan akses ke sekolah sangat parah dan harus berjalan kaki cukup jauh melewati bukit dan sungai,” ungkap Kades Edi.

“Pada saat musim hujan tiba bahkan banyak siswa yang tidak bisa pergi ke sekolah, jikapun ada yang pergi sesampai di sekolahnya pakaian mereka sudah kotor dipenuhi lumpur,” timpalnya.

Dengan alasan itulah Pemerintah desa mengambil kesimpulan untuk membangun sekolah filial buat para siswa, meskipun untuk sementara waktu dengan bangunan seadanya.

Rusdianto, salah satu dosen Universitas Samawa yang ikut berperan dalam pembangunan sekolah dimaksud, kehadiran sekolah ini diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi siswa maupun orangtuanya sehingga tidak perlu repot – repot lagi mengantar anaknya setiap hari.

“Kedepan Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui dinas terkait bisa memfasilitasi agar sekolah ini bisa dimanfaatkan agar tak ada lagi anak bangsa yang dipersulit dalam mengejar pendidikan dan negara benar – benar hadir dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” ucapnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.