Hari Pertama Operasi Zebra Rinjani di Sumbawa, 21 Pelanggar Terjaring

KabarNTB, Sumbawa – Hari pertama pelaksanaan Operasi Zebra Rinjani oleh Satuan Lalu Lintas Polres Sumbawa Senin 26 Oktober 2020, menjaring 21 pelanggar lalu lintas.

“Pelanggaran didominasi tidak memakai helm, safety belt (sabuk pengaman), kelengkapan teknis kendaraan, serta mobil pick up yang mengangkut orang. sedangkan pelanggar protokol kesehatan hanya dua orang dan diberikan sanksi push up,” ungkap Kasat Lantas Polres Sumbawa, Iptu Samsul Hilal.

Ia menjelaskan, salah satu tujuan operasi Zebra Rinjani adalah menekan jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Seorang petugas Sat Lantas Polres Sumbawa menyetop pengendara mobil pickup yang digunakan mengangkut penumpang dalam Operasi Zebra Rinjani hari pertama

Selain itu Operasi Zebra yang akan digelar selama dua minggu kedepan, juga dimaksudkan untuk menurunkan lokasi kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas sesuai dengan karakteristik di wilayah masing-masing dengan tetap mempedomani protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 secara preventif, persuasif, dan humanis.

“Diharapkan tercipta situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcar) lantas yang aman dan nyaman,” terangnya.

Adapun target operasi Zebra terdiri dari 8 prioritas pelanggaran. Pertama pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar nasional Indonesia (SNI) , pengemudi roda empat yang melebihi batas maksimal kecepatan dan mabuk pada saat mengemudikan kendaraan bermotor, pengemudi roda empat yang tidak menggunakan safety belt (sabuk keselamatan), kendaraan roda empat yang tidak sesuai penggunaannya seperti mobil pick up yang mengangkut penumpang, pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur, menggunakan HP saat berkendara, serta sepeda motor yang tidak sesuai spesifikasi menggunakan knalpot bising.

“Kami mengimbau masyarakat agar melengkapi surat kendaraannya saat mengemudi, mulai SIM dan STNK untuk kendaraan bermotor. Lalu bagi pengendara sepeda motor juga wajib menggunakan helm SNI dan  pengemudi mobil wajib menggunakan safety belt atau sabuk keselamatan, serta disiplin menerapkan protokol kesehatan,” terang Samsul Hilal.

Operasi Zebra Rinjani 2020 yang dilaksanakan Satlantas Polres Sumbawa juga membagikan masker kepada pengendara yang tidak memakai masker. Kegiatan ini melibatkan sekitar 60 personil dari berbagai satuan/fungsi Polres, Satuan Brimob, POM, dan Dishub kabupaten Sumbawa.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.