IISBUD dan DPMD Sumbawa Gelar Kuliah Umum Bedah Masalah Desa

KabarNTB, Sumbawa – Program Studi (Prodi) Ilmu Pemerintahan Institute Ilmu Sosial Budaya (IISBUD) Samawa Rea (Sarea) menggelar kuliah umum bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa.

Kegiatan itu dihadiri Kadis DPMD, Varian Bintoro dan Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan IISBUD Sarea, Dedi Supriadi, di Kampus setempat, Kamis 8 Oktober 2020.

Kuliah umum ini membahas mengenai kasus-kasus yang banyak ditemui di desa-desa. Mahasiswa sangat antusias membahas dan mencari solusi dari permasalahan yang mereka angkat dari desa masing-masing.

Kuliah umum yang dilaksanakan IISBUD Sarea dan DPMD Sumbawa

Kaprodi Ilmu Pemerintahan IISBUD Sarea, Dedi Supriadi, mengatakan, kuliah umum ini bertujuan untuk membekali mahasiswa sebelum terjun ke masyarakat. Nantinya mahasiswa akan menjumpai beberapa teori yang memang berbeda ketika di lapangan.

Namun demikian bukan berarti tidak bisa memberikan solusi yang menguntungkan masyarakat.

“Konsep pemberdayaan yang harus diawali dengan kesadaran masyarakat ini bisa menjadi langkah awal ketika kita ingin memajukan suatu wilayah terutama desa,” katanya.

Dalam kuliah umum tersebut, pembicara menekankan bahwa pengabdian tidak selalu menunggu saat sudah memperoleh gelar akademik. Justru pengabdian terbaik bisa dimulai dari sekarang ini saat masih berstatus mahasiswa. Karenanya lakukan pengabdian sebanyak-banyaknya. Hal tersebut juga bertujuan agar nanti mahasiswa tidak hanya terfokus pada teori namun juga memiliki wawasan tentang apa yang terjadi di lapangan.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.