Komnas HAM Ajak Pemerintah dan Masyarakat Duduk Bersama Tuntaskan Masalah Lahan Sirkuit MotoGP

KabarNTB, Mataram – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) ikut turun dalam pencarian solusi guna menyelesaikan persoalan lahan di lokasi pembangunan sirkuit MotoGP di Kuta Mandalika, Lombok Tengah.

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara, dalam pertemuan dengan Gubernur dan Forkopimda NTB, di Mataram Rabu 30 September 2020, mengatakan Komnas HAM akan menjembatani pertemuan antara pemerintah dengan masyarakat, untuk menuntaskan masalah lahan pembangunan Sirkuit Mandalika. Langkah ini direkomendasikan Komnas HAM sebagai tindak lanjut dari adanya aduan masyarakat terkait masalah lahan di Mandalika.

Proses land clearing di lahan yang akan menjadi lokasi pembangunan sirkuit MotoGP di Kuta Mandalika Lombok Tengah

“Posisi masyarakat yang melakukan pengaduan ke Komnas HAM, tidak dalam posisi menolak proyek pembangunan Sirkuit Mandalika. Namun masyarakat menginginkan adanya pemenuhan hak-hak oleh ITDC sesuai tuntutan berdasarkan alas hak yang dimiliki,” jelas Beka.

Ia menjelaskan Komnas HAM tidak dalam konteks memperlambat proyek strategis nasional tersebut. Namun pihaknya dalam koridor menjalankan arahan Presiden agar semua proyek strategis nasional harus berlandaskan hak asasi manusia.

Untuk itu, Beka menawarkan solusi agar pemerintah dan masyarakat duduk bersama berdiskusi menyelesaikan masalah lahan tersebut. Komnas HAM akan menjembatani untuk menyandingkan data pengadu dan pihak ITCD, untuk kemudian didiskusikan terkait hak-hak berdasarkan alas hak lahan yang dimiliki.

Hal ini sebagai upaya mendorong penuntasan masalah lahan di Mandalika tanpa menimbulkan ekses. Untuk itu Komnas HAM siap menjadi kanal pengaduan masyarakat yang akan menjembatani komunikasi dengan pemerintah dan pihak ITDC.

“NTB harus berbangga karena modal sosialnya luar biasa, dari pihak pengadu tidak ada yang menolak proyek strategis nasional itu, tapi hak masyarakat harus dituntaskan,” ujarnya.

Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah bersama unsur Forkompinda dan pihak PT. ITDC menyambut baik keberadaan Komnas HAM dalam menuntaskan masalah lahan di Sirkuit Mandalika. Gubernur berharap, kehadiran Komnas HAM akan membantu menuntaskan masalah agar persoalan sengketa lahan ini tidak menimbulkan kegaduhan.(NK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.