Penyaluran BLT DD Tahap III di Sumbawa Dipastikan Selesai Nopember

KabarNTB, Sumbawa – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumbawa melalui Kasi Pengelolaan Keuangan Desa Ibrahim menjelaskan, bahwa Progres penyaluran BLT Dana Desa (BLT DD) tahap I untuk bulan April Mei dan Juni sejumlah Rp 600 per orang sudah tidak ada masalah.

Demikian juga tahap kedua untuk bulan Juli Agustus dan September sebesar Rp 300 perorang sudah tersalurkan dengan baik. Adapun BLT ditahap kedua tersebut pada bulan Juli sebanyak 79 desa yang melakukan penyaluran atau 50,3 persen, dan dibulan agustus ada sekitar 51 desa yang telah menyalurkannya atau sebayak 32,5 persen dan dibulan September terdapat 17 atau 10,8 persen desa yang menyalurkan BLT.

Ibrahim, Kasi Keuangan Desa DPMD Sumbawa

Dan dari total kekurangan ini, oleh pemerintah desa menunggu penyaluran dana desa tahap ketiga masuk ke rekening serta penginputan data yang sedang dilakukan oleh pihak DPMD Kabupaten Sumbawa sebagai syarat proses penyaluran. “Ketika syarat telah terpenuhi baru dana desa tersebut masuk ke rekening kas desa,” jelas Ibrahim, Selasa 27 Oktober 2020.

Ibrahim mengakui untuk tahap tiga ini agak rumit lantaran seluruh persyaratan penyaluran dana desa di tahap petama maupun kedua dilimpahkan ke tahap ketiga. “Kondisi ini lantaran adanya perubahan PMK (Peraturan Menteri Keuangan). Beda dengan sebelum adanya perubahan PMK seperti pada tahap pertama dan kedua hanya laporan realisasi capaian output saja,” jelasnya.

Kendati demikian, Ia penyaluran dana desa dipastikan akan terselesaikan sebelum pertenganan bulan Nopember mendatan. “Karena sisa dana desa tahap tiga ini hanya untuk penyaluran BLT dan tidak ada pengerjaan infrastruktur yang akan dikerjakan oleh pemerintah desa,” terang Ibrahim.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.