Survey MY Institute Bulan Oktober, Elektabilitas Mo-Novi Tertinggi

KabarNTB, Sumbawa – Pasangan Calon Bupati – Wakil Bupati Sumbawa nomor urut 4, H Mahmud Abdullah – Dewi Noviani (Mo-Novi) menduduki tempat teratas dalam survey elektabilitas pasangan calon di bulan Oktober 2020 yang dilaksanakan MY Institute.

Yadi Satriadi, Peneliti Lembaga Survei dan Riset MY Institute menjelaskan, survey yang dilaksanakan MY Institute berangkat dari berbagai dinamika di masyarakat pasca pelaskanaan tahapan-tahapan Pilkada, mulai dari pendaftaran pasangan calon hingga masa kampanye yang dilaksanakan oleh kelima pasangan calon yang bertarung di Pilkada Sumbawa.

Diagram hasil survey elektabilitas pasangan calon Pilkada Sumbawa yang dilaksanakan MY Institute

“Survey sebelumnya kami laksanakan di bulan Agustus 2020 lalu. Selanjutnya survey dilaksanakan sejak tanggal 14-25 Oktober 2020. Ini dilakukan untuk melihat elektabilitas para calon kada sebelum pendaftaran, setelah pendaftaran dan satu bulan kurang lebih paslon melakukan kampanye resmi sesuai jadwal yang diatur KPU,” jelas Yadi, Kamis 29 Oktober 2020.

Survei yang dilaksanakan MY Institute menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95% serta margin of error 2,6%. Adapun populasi dari survei ini didasarkan pada persebaran pemilih di tingkat Kecamatan hingga Desa sehingga didapatkan sampel sejumlah 1.200 responden.

Dari hasil survei dimaksud, Pasangan Calon pati Sumbawa Mo-Novi memiliki elektabiltas tertinggi yaitu sebesar 27,5%, disusul oleh pasangan calon perseorangan Talifudin – Sudirman (Talif-Sudir) dengan elektabilitas 22,8% dan di posisi ketiga pasangan calon Syarafuddin Jarot – Mokhlis (Jarot-Mokhlis) sebesar 16,3%.

“Sedangkan pasangan calon Husni Djibril – Ikhsan Madjid (Husni-Ikhsan) memiliki elektabilitas diangka 14,2 %, sementara pasangan Nurdin Ranggabarani – Burhanudin Jafar Salam (NurSalam) diposisi kelima dengan elektabilitas 8,8% . Sementara masyarakat yang belum menentukan pilihan atau tidak menjawab sebanyak 10,4%,” ungkap Yadi.

“Dari survei-survei yang sudah dilakukan oleh MY Institute beberapa bulan lalu, trend Mo-Novi masih selalu di atas, disusul oleh Talif-Sudir. Sementara untuk posisi erolehan ketiga hingga kelima selalu berubah-ubah posisinya,” demikian Yadi Satriadi.(VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.