DPMD Sumbawa Gelar Pelatihan Peningkatan Manajerial Aparatur Desa

KabarNTB, Sumbawa – Dinas Pemberdayaan Masyrakat Pemerintahan Desa (DPMD) Sumbawa menggelar pelatihan peningkatan manajerial aparatur pemerintah desa, Selasa 10 November 2020.

Pelatihan ini merupakan salah satu upaya meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan Kepala Desa agar dalam pelaksanaan Tugas dan fungsinya dapat lebih berdaya guna dan berhasil.

Deden Fajriadi, Kabid Pemerintahan Desa DPMD Sumbawa

Mewakilli Kepala DPMD, Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Deden Fitriyadi, yang membuka kegiatan dimaksud, menjelaskan, kegiatan itu juga bertujuan untuk meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Kepala Desa dalam rangka peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan desa.

“Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Kepala Desa tentang penyusunan Peraturan Desa, Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Kepala Desa tentang Avaluasi RAPBDes, Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Kepala Desa tentang Penyusunan RPJMDes dan RKPDes,” sebutnya.

Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 09 sampai 14 November 2020 itu terdiri dari tiga angkatan. Para peserta Pelatihan Aparatur Pemerintahan Desa dalam Bidang Manajemen Pemerintahan Desa Tahun Anggaran 2020 berjumlah 119 orang yakni semua Kepala Desa hasil Pemilihan Kepala Desa Tahun 2020. “Sedangkan teknis pelaksanaannya dibagi dalam 3 angkatan masing-masing angkatan sebanyak 40 orang,” jelas Deden.

Para peserta mendapatkan materi tentang kebijakan umum pemerintahan desa, tata cara penyusunan peraturan di desa, pengelolaan keuangan desa dan kewenagan desa, pengawasan, penyusunan RPJMDes dan RKPDes, Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pembinaan Kecamatan terhadap Desa, serta Hubungan Kepala Desa dan BPD.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.