KSB 10 Desember : 7 Positif Baru, Satgas Covid-19 Tegaskan Tidak Ada Cluster Pilkada

KabarNTB, Sumbawa Barat – Jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sembawa Barat (KSB) kembali bertambah cukup banyak per hari Kamis, 10 Desember 2020.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi NTB mengumumkan jumlah positif baru di KSB sebanyak 7 kasus, atau berada di urutan kedua setelah Kabupaten Sumbawa sebanyak 21 kasus.

Ke-7 kasus positif baru dimaksud adalah : 1. An. A, perempuan, usia 31 tahun, penduduk Desa Seteluk Tengah Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Riwayat kontak dengan orang tanpa gejala Covid-19. Saat ini menjalani isolasi mandiri dalam pengawasan RSUD Asy-Syifa Sumbawa Barat. 2. An. DAP, perempuan, usia 32 tahun, penduduk Kelurahan Kuang Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Riwayat kontak dengan orang bergejala Covid-19. Saat ini menjalani isolasi mandiri dalam pengawasan RSUD Asy-Syifa Sumbawa Barat. 3. An. EJW, laki-laki, usia 32 tahun, penduduk Kelurahan Dalam Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Riwayat kontak dengan orang bergejala Covid-19. Saat ini menjalani isolasi mandiri dalam pengawasan RSUD Asy-Syifa Sumbawa Barat.

Peta sebaran Covid-19 di kabupaten Sumbawa Barat per hari Kamis 10 Desember 2020

4. An. LA, perempuan, usia 33 tahun, penduduk Desa Beru Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat. Riwayat kontak dengan orang bergejala Covid-19. Saat ini menjalani isolasi mandiri dalam pengawasan RSUD Asy-Syifa Sumbawa Barat. 5. An. SH, perempuan, usia 22 tahun, penduduk Desa Beru Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat. Riwayat kontak dengan orang sakit Covid-19 belum teridentifikasi. Saat ini menjalani isolasi mandiri dalam pengawasan RSUD Asy-Syifa Sumbawa Barat. 6. An. AL, laki-laki, usia 39 tahun, penduduk Desa Labuhan Kertasari Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Riwayat kontak dengan orang sakit Covid-19 belum teridentifikasi. Saat ini menjalani isolasi mandiri dalam pengawasan RSUD Asy-Syifa Sumbawa Barat. 7. An. H, perempuan, usia 39 tahun, penduduk Kelurahan Menala Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Riwayat kontak dengan orang sakit Covid-19 belum teridentifikasi. Saat ini menjalani isolasi mandiri dalam pengawasan RSUD Asy-Syifa Sumbawa Barat.

Dengan adanya penambahan 7 orang positif baru Covid-19, maka jumlah Konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Sumbawa Barat sebanyak 118 dengan rincian 105 orang telah sembuh, 10 orang positif dan 3 orang meninggal.

Juru Bicara Satuan Tugas KSB, H Tuwuh, kepada KabarNTB, Jum’at 11 Desember 2020, mengatakan 3 kasus dari total 7 kasus baru positif tersebut merupakan tenaga kesehatan yang bertugas di RSUD Asy Syfa Taliwang.

“Hanya tiga orang yang berstatus sebagai tenaga kesehatan, tidak ada dokter. Sementara sisanya adalah masyarakat umum,” ucap Haji Tuwuh.

Kepala Dinas Kesehatan KSB itu menjelaskan, para tenaga kesehatan yang terpapar dan dinyatakan positif itu, merupakan bagian dari cluster rumah sakit yang awalnya ditemukan positif pada bulan November lalu. Cluster ini muncul berawal dari kepulangan sejumlah pelajar dari daerah terjangkit ke KSB. Kasus terbanyak saat itu terjadi di Kecamatan Seteluk dan tenaga kesehatan di RSUD Asy Syfa, termasuk salah satunya dokter. Namun saat ini seluruh pasien terkonfirmasi positif di Seteluk sudah selesai isolasi dan dinyatakan sembuh.

“Jadi tidak ada ditemukan cluster Pilkada di KSB. Kasus positif baru yang muncul saat ini merupakan bagian dari cluster sebelumnya,” ucap Haji Tuwuh.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.