Awali 2021, DPMD KSB Concern untuk Penguatan Kelembagaan dan Pengeloaan Keuangan Bumdes

KabarNTB, Sumbawa Barat – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Sumbawa Barat terus concern meningkatkan kualitas pengelolaan Badan Usama Milik Desa (Bumdes). Tidak hanya dalam pengelolaan bisnis, tetapi juga pengelolaan administrasi dan keuangan Bumdes.

“Sesuai arahan awal tahun yang disampaikan Bupati, semangat bekerja untuk melayani dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa mesti terus digalakkan. Salah satunya dengan penguatan kelembagaan dan pengelolaan Bumdes secara professional,” ujar Kabid Pemberdayaan Ekonomi dan TTG, DPMD Sumbawa Barat, Trisman ST, usai memimpin pertemuan konsultatif dengan semua pengurus Bumdes se-KSB di Taliwang, Kamis 07 Januari 2021.

Suasana dialog penguatan kelembagaan dan professionalisme pengelolaan keuangan Bumdes yang dilaksanakan DPMD KSB

Selain para pengurus Bumdes, pertemuan yang berlangsung dengan penerapan protokol Covid-19 itu dan juga dihadiri para Pendamping Bumdes dan TA Ekonomi Kemendes berlangsung dinamis. Mengangakat ‘Penguatan kelembagaan dan transparasi pengeloaan keuangan Bumdes’, para peserta pertemuan terlibat diskusi berkualitas.

“Dari pertemuan ini dihasilkan keputusan mengenai pelaksanaan pelatihan peningkatan kapasitas pendamping Bumdes, pelatihan peningkatan kapasitas pengurus Bumdes, sosilisasi aplikasi keuangan Bumdes (iKAS) bersama BNI dan penyusunan konsep SOP Penyelenggaraan Bumdes,” beber Trisman.

Berbagai terobosan yang akan dilaksanakan itu, sambungnya, merupakan ikhtiar dan implementasi semangat untuk berkolaborasi bersama stakeholder terkait guna mewujudkan Bumdes KSB yang berorientasi peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa. “Semangatnya tentu saja Bumdes BerDaya Desa Berjaya,” demikian Trisman.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.