Komisi II DPRD KSB Desak Pemda Segera Maksimalkan Operasional Sejumlah Pasar Rakyat

KabarNTB, Sumbawa Barat – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (DPRD KSB) meminta dinas terkait untuk memaksimal Pengoperasian Pasar Rakyat.

“Saya minta pemda atau dinas terkait untuk memaksimalkan pengoperasian semua pasar yang dibangun di KSB. Karena beberapa pasar yang sudah di bangun sampai saat ini ada yang belum beroperasi,’’ kata Ketua Komisi II DPRD KSB, Aheruddin Sidik, Selasa 12 Januari 2021.

Menurut Aher, berdasarkan pantauan Komisi II, ada beberapa pasar yang belum beroperasi di beberapa kecamatan. Kalaupun ada yang sudah beroperasi, perangkat dan fasilitas pendukung lainnya, ternyata belum disiapkan.

Ilustrasi pasar

Sejumlah pasar rakyat dimaksud adalah pasar Brang Bea dan pasar Brang Ene (belum beroperas), sementara pasar Sekongkang dan Poto Tano sudah beroperasi namun fasilitas pendukungnya belum ada.

Pembangunan pasar-pasar tersebut, kata Politisi Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) itu, disertai target kontribusi dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karenanya, mustahil target itu dan azas manfaat lainnya bagi rakyat bisa tercapai jika pengoperasiannya belum dimaksimalkan.

“Karenanya, kami meminta stakeholder terkait dalam hal ini Bidang Ekonomi Bappeda untuk segera melakukan koordinasi dengan Badan Pendapatan dan Aset Daerah (BPAD) dan Disperindagkop untuk memikirkan langkah-langkah cepat dan tepat guna memaksimalkan beroperasinya pasar rakyat dimaksud,” ucap Aher.

“Ini bukan persoalan baru tetapi sejatinya ini persoalan lama yang belum mendapatkan perhatian serius dari pemda terutama dinas terkait terkait dan kami sudah beberapa kali mengingatkan pemerintah daerah agar keberadaan pasar rakyat ini dimaksimalkan fungsinya,” timpalnya.

Aher menambahkan, Komisi II berharap ada langkah konkret dari dinas terkait agar pasar-pasar ini bisa dimaksimalkan fungsinya.

“Dinas harus segera bertindak, jangan menunggu perintah pimpinan daerah. Lebih cepat lebih baik agar apa yang sudah dibuat untuk rakyat ini bisa dinikmati oleh masyarakat luas dan memberikan kontribusi bagi peningkatan pendapatan daerah,” katanya.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.