Sudah Tidak Layak, Legislator Minta Pemda Sumbawa Relokasi TPA Raberas

KabarNTB, Sumbawa – Kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Raberas Sumbawa dinilai sudah tidak layak dan semestinya direlokasi karena kini telah dipadati rumah alias telah menjadi pemukiman penduduk.

“Sudah sepantasnya pemda melalui dinas terkait memikirkan dan menijau kembali kondisi TPA Raberas yang kami nilai sudah tidak layak,” ucap Sekretaris Komisi II DPRD Sumbawa, Ridwan, Senin 18 Januari 2021.

Ia mengungkap, saat ini banyak keluhan warga sekitar TPA tersebut, terutama lokasi yang berdekatan dengan pemukiman warga. Belum lagi ancaman berbagai penyakit yang dapat ditimbulkan serta bau yang tidak sedap di musim penghujan.

Aktifitas di TPA sampah Raberas Sumbawa

“Bukan itu saja, dimusim kemarau petani sekitar juga merasa terganggu akan kondisi sampah yang beterbangan dan masuk ke lahan persawahan,” ucapnya.

Menurutnya, banyak sekali keluhan warga kepada dirinya selaku wakil rakyat. Mulai dari bau, sampah yang beterbangan dan mengotori pemukiman yang dilewati truk pengangkut karena tidak mengunakan jaring penutup dan masih banyak keluhan lainnya.

“Karena itu saya minta dinas tekhnis agar segera memikirkan kelanjutan nasib TPA kedepan yang saat ini hampir penuh. Sudah saatnya pemda memikirkan relokasi dan mencari area TPA yang cocok dan tidak mengganggu warga atau dengan kata lain lokasi TPA tersebut sebaiknya di alihkan untuk kepentingan yang lain,” urainya.

Selain itu, tambahnya, jika pemerintah telah menyiapkan lokasi pengganti TPA, harus juga memikirkan jalur atau rute truk pengangkut dan jangan lagi melalui ruti pemukiman yang padat penduduk.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.