Saluran Induk Penuh Sedimen, Pemukiman Warga Raberas Tergenang Banjir

KabarNTB, Sumbawa – Saluran induk irigasi yang dangkal akibat sedimentasi di jalur Raberas – Sebewe menyebabkan banjir menggenangi pemukiman warga di Lingkungan Raberas Kelurahan Seketeng, Kota Sumbawa Besar akibat hujan lebat Kamis malam 4 Februari 2021.

Sejumlah titik dalam pemukiman warga terendam air hingga ketinggian mencapai 1 meter. “Kondisi ini lebih diakibatkan luapan air banjir dari saluran induk pertanian yang masuk ke pemukiman yang berada di sepanjang saluran tersebut,” ungkap tokoh masyarakat Raberas yang juga anggota DPRD Sumbawa, Ridwan SP.

Kondisi genangan air di atas jalan raya Raberas – Sebewe akibat luapan air dari saluran induk irigasi yang dipenuhi sedimen

Selain pemukiman warga, banjir juga mengenangi sejumlah titik di jalan Sebewe – Raberas yang mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas dari arah Kota Sumbawa menuju Kecamatan Moyo Utara dan sebaliknya.

Ridwan meminta pemerintah melalui dinas pertanian, BWS NT I dan Dinas PU untuk turun lapangan meninjau langsung lokasi atau titik pendangkalan saluran.

“Pentingnya respon cepat dari para pihak bisa menjadi solusi dari keresahan rakyat, terutama warga yang bermukim di sepanjang saluran. Jika saluran itu bisa dinormalisasi (dikeruk) maka bukan saja keamanan pemukiman, tetapi fasilitas jalan tidak akan rusak tergerus air banjir,” demikian Ridwan.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.