16 Calon Bertarung di Pemilihan Anggota BPD Sapugara Bree

KabarNTB, Sumbawa Barat – Warga Desa Sapugara Bree Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat Provinsi NTB, berbondong-bondong datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan hal pilih mereka dalam Pemilihan Langsung anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2021-2027 Ahad, 21 Maret 2021.

Ketua panitia pengisian BPD DSB, Sahedon Halim, mengatakan, Pemilihan langsung merupakan hasil dari kesepakatan Musyawarah di tingkat Desa karna pengisian dengan mekanisme Musyawarah tidak dapat dilakukan.

“Hal ini karena jumlah peserta yang mendaftar sebagaincalon anggota BPD melebihi dari Jumlah kuota yang di tetapkan,” ungkap Sahedon Halim, disela-sela kegiatan pemilihan di Dusun Ponjok, Ahad pagi.

Warg a Desa Sapugara Bree mendatangi TPS untuk menggunakan hak pilihnya memikih anggota BPD yang berlangsung Ahad 21 Maret 2021

Di Dusun Ponjok sendiri terdapat tiga (3) calon yang dipilih masyarakat, Dusun Bree tujuh (7) calon dan Dusun Sapugara enam (6) calon. Menurut Sahedon sebenarnya ada tujuh (7) calon yang mendaftar di Dusun Sapugara, namun satu orang mengundurkan diri.

“Sedangkan untuk wilayah Dusun Kejawat tidak melakukan Pemilihan karna sudah melakukan Musyawarah Mufakat,” ungkapnya.

Sesuai hasil Musyawarah Desa (Musdes), dari wilayah 1 Dusun Ponjok akan dipilih 1 orang dari jumlah calon 3 orang, sedangkan wilayah 2 Dusun Bree akan dipilih 3 calon dari 7 Orang calon dan Dusun Sapugara akan dipilih 3 dari 6 Calon yang ikut berkompetisi.

Dalam komposisi keanggotaan BPD Sapugara Bree terdapat satu orang keterwakilan perempuan yang telah ditetapkan melalaui musyawarah karna memang yang mendaftarkan diri sampai batas waktu yang ditetapkan panitia hanya satu orang.

“Sesuai ketentuan keterwakilan perempuan wajub ada dalam komposisi keanggotaan BPD dan Alhamdulillah sudah kami tetapkan,” pungkas Sahedon Halim.

Pemilihan diselenggarakan dengan menempatkan Tempat Pemilihan Suara (TPS) di setiap dusun dan diambil suara terbanyak dari setiap dusun, jadi anggota yang akan terpilih berasal setiap dusun sesuai peraturan yang mengatur tentang BPD. Pemungutan suara berlansung sejak pukul 07.30 sampai dengan 13.00.

Kepala Desa Sapugara Bree Andi Subandi , S.Pd berharap berharap pemilihan BPD berlangsung aman, lancar dan masyarakat menentukan pilihan sesuai hati nurani masing-masing tanpa intervenai pihak manapun.

Kepada calon anggota BPD yang nantinya akan terpilih, Andi mengharapkan bisa menjalankan dan melaksanakan amanah dengan baik agar bisa menyuarakan aspirasi masyarakat sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

“Terimakasih kepada Panitia, KPPS, Peserta, Pemilih dan semua masyarakat yang telah antusias dan peduli dalam mensukseskan pemilihan ini. Selamat kepada yang telah terpilih, semoga dapat bersinergi dan melakukan akselerasi dalam membangun dan memajukan Desa ke arah yang lebih baik dan bermarwah mulia di sisi Allah SWT bagi kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.