Indonesia, Sampah Plastik dan Kesadaran Rendah Masyarakat

*)Oleh AGNES BUDIARTI

Masalah sampah di Indonesia sudah tak bisa dipungkiri lagi. Negara ini berada diurutan kedua dengan volume sampah terbesar setelah Tiongkok. Ironisnya, masalah sampah ini bersumber dari ketidak sadaran masyarakat sendiri. Kebiasaan buruk membuang sampah di sungai atau di sembarang tempat telah membawa Indonesia ‘berhasil” masuk dalam 20 besar negara dengan sungai paling tercemar di dunia dalam hal sampah plastik.

Plastik sekali pakai seperti kantong plastik yang digunakan sehari – hari di Indonesia, menjadi penyumbang terbesar kedua untuk sampah plastik. Hal ini tidak hanya menunjukkan bahwa kesadaran akan kebersihan lingkungan yang kurang tetapi pengetahuan tentang daur ulang sampah masih sangat rendah di kalangan masyarakat Indonesia.

Ilustrasi sampah (net)

Masyarakat selalu membuang plastik di sungai, sehingga plastik tersebut mengalir terbawa arus menuju laut, atau menumpuk menjadi sedimen yang membuat sungai dangkal sehingga memicu terjadinya banjir. Belum lagi tercemarnya laut yang tidak jarang menyebabkan biota yang hidup didalamnya mati.

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Dikarenakan Indonesia sendiri dikelilingi oleh lautan dan samudera. Karena itu sangat penting bagi masyarakat Indonesia untuk menjaga alam dari polusi plastik karena bukan hanya mengancam keberlangsungan manusia itu sendiri, tetapi juga lingkungan dan aneka raga hayati yang hidup didalamnya.

Perilaku tidak bertanggungjawab dalam hal mengelola sampah, juga terlihat di kalangan masyarakat di Sumbawa. Masih banyak masyarakat daerah ini yang membuang sampah sembarangan, termasuk di sungai, sehingga sering terjadi banjir. Banyaknya sampah dipinggir jalan, di bibir pantai, menjadi bukti bahwa kesadaran masyarakat Sumbawa masih sangat rendah. Padahal kelestarian alam beserta aneka ragam hayati lainnya merupakan tanggungjawab kita semua. Ayo mengelola sampah dengan bertanggungjawab untuk keselematan diri sendiri dan untuk alam Indonesia.(*)

*)Penulis adalah Mahasiswa Semester VI Fakultas Ilmu Sosial Prodi Ilmu Pemerintahan
IISBUD SAREA

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.