Masuk Musim Tanam II, Distan KSB Diingatkan Soal Pupuk dan Kartu Tani

KabarNTB, Sumbawa Barat – Memasuki musim tanam kedua, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa Barat Aheruddin Sidik, SE.ME meminta kepada Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Barat untuk menjamin ketersediaan pupuk bagi petani KSB.

Ketersediaan pupuk ini diharapkan pada dua hal, yakni pupuk bersubsidi dan pupuk non subsidi. Jika pupuk tidak segera disiapkan, dikhawatirkan pada musim tanam kedua ini, petani kembali harus kebingungan untuk mendapatkan pupuk.

Petani menanam padi pada awal musim hujan

“Kami juga meminta dinas pertanian untuk segera menuntaskan Kartu Tani. Setelah itu persediaan pupuk harus dipersiapkan dengan matang, baik pupuk subsidi, maupun pupuk non subsidi. Kami khawatir persoalan kelangkaan pupuk menjelang musim tanam kedua terjadi lagi,” kata Politisi Muda PKPI ini.

Aher juga berharap agar PPL yang bekerja di lapangan untuk segera menyelesaikan pendataan Kartu Tani yang menjadi dasar pembelian pupuk bersubsidi, sehingga pada musim tanam yang akan datang, persediaan pupuk di KSB benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

“Ketersediaan pupuk ini sangat mempengaruhi produksi pangan di KSB. Disisi lain, inilah cara kita dalam mempertahankan kesejahteraan petani Sumbawa Barat. Makanya jangan sampai pupuk menghilang dari pasaran, sehingga membuat petani kelimpungan,” ujar Aher lagi.

Menurutnya, kelangkaan pupuk yang terkadang terjadi di KSB harus menjadi perhatian. Oleh karenanya Dinas Pertanian harus belajar dari kejadian sebelumnya dan segera melakukan rapat koordinasi dengan para pihak terutama dengan distributor pupuk yang ada.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.