Tahap Pertama Lampaui Target, Vaksinasi Lansia Tahap Dua Dimulai

KabarNTB,Sumbawa – Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa dibackup Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dari TNI/Polri sukses melaksanakan Vaksinasi khusus Lansia tahap pertama.

“Target 4.910 Lansia yang ditetapkan harus tuntas tervaksinasi sebelum Idul Fitri, sudah terlampaui. Bahkan capaiannya 113 persen atau sekitar 5.000 Lansia. Hari ini kita mulai masuk tahap kedua per tanggal 18 Mei hingga 29 Mei mendatang,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa, I Ketut Sumardi Arta, Senin 17 Mei 2021.

Seorang Lansia disuntik vaksin Covid-19 dalam vaksinasi tahap dua yang dilaksanakan Dikes Sumbawa

Pada vaksinasi tahap dua ini, lanjut Ketut, pemerintah pusat melalui Kemenkes tidak lagi memberikan target jumlah yang harus divaksin. Hanya saja, sasaran vaksinasi adalah perioritas Lansia. “Tidak ada lagi target. Vaksinasi tahap dua akan segera kita mulai, baik untuk vaksinasi lanjutan dari Lansia yang sudah divaksin satu kali ataupun vaksinasi Lansia baru,” imbuhnya.

Untuk melindungi kelompok masyarakat berisiko tinggi terinfeksi COVID-19, Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mengadakan Gebyar Vaksinasi Lansia yang dilaksanakan mulai tanggal 17 sampai dengan 29 Mei 2021 serentak di seluruh Indonesia. “Sasarannya seluruh masyarakat Usia Lanjut dan pengidap Komorbid,” jelas Ketut.

Untuk mensukseskan program tersebut, para Lansia dipersilahkan datang ke Puskesmas terdekat dengan membawa KTP. Terkait stock vaksin, Ketut memastikan sampai saat ini masih tersedia. Stock di Dikes Sumbawa masih ada sebanyak 75 vial vaksin. Jumlah tersebut tidak termasuk semua vaksin yang saat ini sudah tersedia hampir di semua Puskesmas di Kabupaten Sumbawa.

Sedangkan untuk jumlah kasus positif pasca libur panjang data lengkapnya belum dapat dijeskan karena berada pada tim penanganan covid. Namun hingga saat ini dipastikan tidak ada lonjakan kasus positif. “Semoga wabah ini segera berlalu dan tidak ada lagi kasus baru,” tutup Ketut. (JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.