Program Pekarangan Pangan Lestari Dinas Pangan Sumbawa Sudah Jangkau 40 Desa

KabarNTB, Sumbawa – Dinas Pangan Kabupaten Sumbawa membuat terobosan melalui Program pekarangan pangan lestari yang telah dimulai dibeberapa wilayah desa yang ada di kabupaten Sumbawa. Program ini dilasanakan sebagai upaya mencetak generasi yang produktif di mulai dari desa hingga kota.

Kepala Dinas Pangan Kabupaten Sumbawa Ir.Syafruddin Nur, menjelaskan, Program Pekarangan Pangan Lestari ini sebenarnya sudah ada sebelumnya, yang dinamakan program kawasan rumah pangan lestari.

Kadis Ketahanan Pangan Sumbawa Syafruddin Nur bersama jajaran dan salah satu kelompok penerima bantuan program pekarangan pangan lestari

“Tujuannya tidak lain mencetak generasi yang sehat dan produktif khusus untuk anak-anak melalui pangan atau makanan yang sehat mulai dari pekarangan rumah masing-masing,” jelas Kadis, Rabu 23 Juni 2021.

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, sakbungnya, program tersebut sangat baik dilakukan oleh masyarakat di pekarangan rumah masing-masing. “Kriteria yang harus di genjot untuk program ini yakni wilayah desa-desa stunting dan terisolir serta yang lainnya,” imbuhnga.

Program dimaksud dibiayai melalui DAK. Hingga saat ini sudah mencapai 50 kelompok masyarakat yang tersebar di beberapa wilayah kecamatan dan desa yang mendapat bantuan program ini, termasuk di desa yang ada di kecamatan Batu Lanteh. “Total ada sekitar 40 desa yang telah terbantu di seluruh Sumbawa,” ucapnya.

Kadis berharap, terutama kepada kelompok masyarakat yang telah terbentuk dan menjalankan program, nantinya bisa menjadi contoh bagi kelompok masyarakat lainnya yang ada di Kabupaten Sumbawa.

“Kami harap bisa berkembang demi menjaga kesehatan melalui tanaman-tanaman yang sehat dan bergizi bagi tubuh kita sendiri,” demikian Kadis Pangan.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.