21 Orang Dokter Internsip Siap Mengabdi di Kabupaten Sumbawa

KabarNTB, Sumbawa – Pemerintah Kabupaten Sumbawa kembali menerima 21 orang dokter internsip. Bersama Kepala Dikes Sumbawa, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumbawa dan pejabat lainnya, rombongan dokter muda tersebut bertemu Bupati Sumbawa, HM. Husni Djibril di ruang pertemuan H Hasan Usman Lantai 1 Kantor Bupati Sumbawa pada Selasa 27 Februari 2018.

Para dokter tersebut akan ditempatkan di RSUD Sumbawa dan Puskesmas Seketeng, sesuai penempatan yang ditunjuk pihak Kementerian Kesehatan.

Bupati Sumbawa HM Husni Djibril menyatakan sangat gembira menerima dokter internsip setiap tahunnya, dan berharap program kementerian kesehatan itu dapat berkelanjutan.

Bupati HM Husni Djibril saat menerima 21 orang dokter Internsip yang akan bertugas selama satu tahun di Kabupaten Sumbawa

“Ketika dokter internsip ini datang, sungguh sumbangsih tenaganya untuk Kabupaten Sumbawa tidak bisa dinilai dengan internsip saja, karena anggaran internsip itu sebenarnya tidak seberapa, jika dibandingkan dengan karya–karyanya untuk masyarakat di Kabupaten Sumbawa,” ujar Bupati.

Yang terpenting menurut Bupati, jangan dilihat berapa besarnya, tetapi sebagai wujud perhatian pemerintah dalam menunjang program kesehatan masyarakat. Namun demikian, lanjut Bupati, ke depan akan diupayakan agar honor dokter internsip sesuai dengan UMR yang ditetapkan.

Bupati berharap dokter internsip tersebut dapat efektif dalam melaksanakan tugasnya di Kabupaten Sumbawa dan dapat beradaptasi dengan masyarakat tempatnya bertugas.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Junaidi, menyampaikan Program Dokter Internsip Indonesia (PIDI) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia.

PIDI di Kabupaten Sumbawa pertama kali dilaksanakan pada tahun 2012 dengan jumlah peserta 13 (tiga belas) orang , pada tahun 2013 jumlah peserta sebanyak 14 (empat belas) orang, tahun 2015 peserta berjumlah 21 (dua puluh satu) orang, pada tahun 2016 jumlah peserta 38 (tiga puluh delapan) orang, tahun 2017 jumlah peserta 36 (tiga puluh enam) orang, dan tahun 2018 jumlah peserta 21 (dua puluh satu) orang dari berbagai universitas di seluruh Indonesia.

Program Internsip Dokter Indonesia ini dilaksanakan selama 1 (satu) tahun, yaitu 8 bulan di RSUD dan 4 Bulan di Puskesmas.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.