25 Orang Atlet Wakili NTB di Pornas VIII SOlna di Riau

KabarNTB, Mataram – Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, H Rosiady H Sayuti, melepas secara resmi keberangkatan atlet SOIna NTB, Rabu 18 juli 2018 di ruang rapat utams kantor Gubernur NTB di Mataram.

Para atlet itu akan berlaga pada Pekan Olahraga Tingkat Nasional (PORNAS) ke-8 Special Olympics Indonesia (SOIna), 19 – 23 Juli 2018, di Pekanbaru Riau.

Kontingen PORNAS SOIna NTB berjumlah 42 orang, terdiri dari 25 atlet, 6 pelatih, 7 oficial dan 4 orang tua pendamping. Ke-25 atlet SOIna ini akan mengikuti enam cabang olahraga, yaitu atletik, renang, futsal, bulutangkis, tenis meja dan bocce.

Sekda NTB H Rosyadi Sayuti saat melepas kontingen SOlna NTB yang akan berlaga Pornas SOlna ke-8 di Provinsi Riau

“Dari enam cabor itu, kita targetkan dapat dua medali emas dari cabor atletik dan bulutangkis,” kata Ketua Kontingen SOIna NTB, M Amir.

PORNAS SOIna tahun 2018 di Pekanbaru Provinsi Riau adalah pelaksanaan ke delapan kali. PORNAS adalah kompetisi puncak dari pembinaan selama 4 tahun dan dimaksudkan untuk menyeleksi atlet-atlet SOIna yang berpotensi dan berpeluang untuk mengikuti Special Olympics World Summer Games 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. PORNAS VIII SOIna 2018 mempertandingkan 11 cabang olahraga.

Untuk diketahui, special olympics adalah sebuah gerakan global yang memberdayakan tuna grahita (disabilitas intelektual / intellectual disabilities) melalui pelatihan dan kompetisi olahraga dan telah diakui oleh International Olympic Committee (IOC) sebagai satu-satunya organisasi olimpiade khusus Tuna Grahita.

SOIna (Special Olympics Indonesia ) adalah satu-satunya organisasi di Indonesia yang mendapat akreditasi dari Special Olympics International (SOI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga bagi warga Tuna Grahita di Indonesia, yang memberi kesempatan bagi warga Tuna Grahita menjadi orang berguna dan produktif serta dapat diterima dan dihargai sebagai bagian dari masyarakat melalui olahraga.

SOIna mempunyai misi antara lain, memberikan kesempatan yang berkesinambungan untuk membentuk fisik yang sehat, menunjukkan keberanian, merasakan kebahagiaan dan memperlihatkan kemampuan, keahlian dan persahabatan dengan keluarga atlet Special Olympics lainnya dan masyarakat.(VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.